Survei BI: Inflasi 0,04% di Minggu Pertama Juni

    Eko Nordiansyah - 05 Juni 2020 17:18 WIB
    Survei BI: Inflasi 0,04% di Minggu Pertama Juni
    Ilustrasi inflasi Juni 2020 - - Foto: Antara/ Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi sampai dengan pekan pertama Juni 2020 adalah 0,04 persen month to month (mtm). Berdasarkan survei Indeks Harga Konsumen (IHK), inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) adalah 1,81 persen.

    Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan rendahnya inflasi disebabkan oleh penurunan permintaan masyarakat. Hal ini tak lepas dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang memengaruhi berbagai aktivitas masyarakat.

    "Karena pengaruh dari PSBB, aktivitas ekonomi masyarakat, pendapatan masyarakat itu tentu saja mengalami penurunan, konsumsi masyarakat juga mengalami penurunan," kata dia dalam video conference di Jakarta, Jumat, 5 Juni 2020.

    Faktor lain yang membuat inflasi rendah adalah ketersediaan pasokan barang dan pangan yang tercukupi. Selain itu koordinasi erat BI dan pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi (TPI) baik pusat maupun Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

    "Tentu saja kredibilitas kebijakan yang bisa diukur dari terkendalinya ekspektasi inflasi, dan kredibilitas kebijakan itu baik kebijakan BI dalam mengendalikan moneter maupun kebijakan pemerintah di bidang ekonomi," ungkap dia.

    Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat inflasi pada Mei 2020 sebesar 0,07 persen secara month to month (mtm). Inflasi pada bulan yang bertepatan dengan hari raya Idulfitri ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

    Menurut data BPS, inflasi secara tahun kalender atau year to date (ytd) sejak Januari sampai dengan Mei tahun ini adalah sebesar 0,90 persen. Sementara inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) tercatat sebesar 2,19 persen. 


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id