comscore

Kenaikan Impor Jadi Sinyal Membaiknya Perekonomian

Eko Nordiansyah - 15 Desember 2021 14:03 WIB
Kenaikan Impor Jadi Sinyal Membaiknya Perekonomian
Ilustrasi. Foto: dok.MI
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut perkembangan impor memberikan sinyal membaiknya ekonomi. Pasalnya kenaikan impor terjadi baik untuk barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan barang modal.

"Kalau impor untuk konsumsi itu mengindikasikan daya beli masyarakat semakin baik karena kebutuhan barang konsumsi dari impornya meningkat," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam video conference, Rabu, 15 Desember 2021.

 



Menurutnya, kenaikan impor bahan baku/penolong juga menjadi sinyal meningkatnya permintaan industri. Hal yang sama juga terjadi ketika terjadi kenaikan impor barang modal yang menunjukan adanya peningkatan operasional industri.

"Sektor ekonomi membutuhkan barang modal yang lebih dalam rangka peningkatan kapasitas produksinya. Jadi ini sinyal impor meningkat karena permintaan semakin meningkat, yang menunjukan daya beli semakin membaik," ungkapnya.

BPS sebelumnya mencatat, nilai impor Indonesia pada November 2021 mencapai USD19,33 miliar. Impor pada bulan lalu naik 18,62 persen dibandingkan Oktober 2021, dan juga naik 52,62 persen dibandingkan November tahun lalu.

Impor barang konsumsi sebesar USD2 miliar atau naik 25,89 persen dari bulan sebelumnya. Sedangkan impor bahan baku/penolong sebesar USD14,33 miliar naik 16,41 persen dan impor barang modal USD3 miliar naik 25,17 persen.

Selama Januari-November 2021 terjadi peningkatan pada barang konsumsi USD4,75 miliar atau 36,73 persen, bahan baku/penolong USD38,73 miliar atau 41,65 persen, dan barang modal USD4,21 miliar atau 19,92 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id