Wapres Dorong Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak Usia 12-18 Tahun

    Annisa ayu artanti - 29 Juni 2021 20:07 WIB
    Wapres Dorong Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak Usia 12-18 Tahun
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin - - Foto: Medcom



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyambut baik dimulainya program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan vaksinasi bagi anak usia 12-18 tahun. Pasalnya, kelompok ini sangat rentan terhadap pandemi covid-19.

    "Saya menyambut baik dimulainya program vaksinasi bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 12-18 tahun, yang dikategorikan sebagai kelompok sasaran yang lebih rentan terhadap pandemi covid-19," katanya saat acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28, Selasa, 29 Juni 2021.

     



    Ma'ruf menjelaskan vaksinasi merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam upaya menghadapi pandemi covid-1. Apalagi rekomendasi yang dikeluarkan Kepala Badan POM dengan dukungan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk pemakaian vaksin produksi PT Bio Farma pada anak usia 12-18 tahun sudah sangat tepat.

    "Keputusan ini sangat tepat mengingat mortalitas penderita covid-19 usia 10-18 cukup tinggi yaitu 30 persen," tuturnya.

    Selain pemberian rekomendasi vaksinasi untuk anak, Ma'ruf juga menyampaikan apresiasi karena Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) telah memberi rekomendasi vaksinasi kepada ibu hamil dalam kategori rentan terhadap penularan covid-19.

    "POGI telah memberikan rekomendasi pemberian vaksin kepada ibu hamil, terutama ibu hamil beresiko tinggi yaitu usia di atas 35 tahun, memiliki BMI di atas 40, dengan komorbid diabetes dan hipertensi, serta tenaga kesehatan yang sedang hamil. Walaupun masih menunggu rekomendasi dari Badan POM," tuturnya.

    Kendati demikian, Ma'ruf mengingatkan vaksinasi covid-19 dapat diberikan kepada ibu hamil harus dengan pengawalan oleh dokter sebelum maupun sesudah menerima vaksin.


    "Untuk ibu hamil dengan risiko rendah, setelah berkonsultasi dengan dokter masing-masing dan bersedia atas pilihannya sendiri, dapat dilakukan vaksinasi covid-19,"  tukasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id