comscore

Kehadiran Platform Digital Membuka Peluang untuk Bisnis Baru

Eko Nordiansyah - 10 November 2021 19:06 WIB
Kehadiran Platform Digital Membuka Peluang untuk Bisnis Baru
Digitalisasi. Foto : MI/Arya Manggala.
Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, kehadiran berbagai platform digital telah membawa dampak positif bagi pengembangan kesempatan bisnis (business opportunity) baru. Ia menyebut, salah satu dampak yang dihadirkan oleh platform digital adalah peningkatan inklusi digital dan keuangan di masyarakat.

Suahasil menceritakan, platform ekonomi digital juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat. Hal ini juga sebagaimana hasil kajian mengenai dampak Grab terhadap perekonomian dan sosial budaya di Kupang dan Jayapura dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI).
"Kesimpulan yang mengarah bahwa kehadiran Grab di Kupang dan Jayapura itu memberikan peningkatan inklusi digital, memberikan peningkatan inklusi keuangan, bahkan menciptakan lapangan kerja karena banyak ditemui partisipan Grab itu sebelumnya tidak memiliki pekerjaan, tentu ini sangat bagus," kata dia dalam webinar, Rabu, 10 November 2021.

Meski begitu, ia menyebut, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah dampak dari platform digital ini terhadap opportunity cost yang diciptakan. Suahasil mencontohkan, kehadiran e-commerce misalnya tentu akan berdapkan pada pergeseran belanja di layanan penjualan konvensional, termasuk shifting dari ekosistem, pekerja, hingga konsumennya.

"Kemudian apabila Grab menjadi sangat diminati, bagaimana dengan minat mengenai pembelian kendaraan, bagaimana minat mengenai sharing ekonomi. Kita tahu kunci dari ekonomi di masa depan adalah sharing economy. Seperti apa ini akan mengubah struktur industri seperti apa mengubah ekspor impor, bagaimana mengubah sosial budaya kita," ungkapnya.

Selain itu, ia menambahkan, perubahan model bisnis ini tentu harus dibarengi dengan pengaturan yang tepat, misalnya di bidang perpajakan. Sebab dengan pergeseran tadi, bisnis konvensional yang sebelumnya menjadi basis pajak akan bergeser kepada e-commerce atau platform digital sebagai sumber penerimaan negara.

"Platform digital seperti Grab, platform-platform lain idealnya menjadi partner pemerintah untuk memastikan pindahnya bisnis tersebut dari business opportunity tadi ikut mendorong dan tidak mengurangi kemampuan negara membiayai pembangunan masa depan. Kalau tidak, yang terjadi negara tidak bisa membangun infrastruktur yang baik, padahal infrastrukturnya juga digunakan untuk business opportunity kita," pungkasnya.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id