Pandemi Bakal Jadi Endemi, Wamenkeu Minta Wirausaha Muda Bersiap

    Eko Nordiansyah - 28 Oktober 2021 16:04 WIB
    Pandemi Bakal Jadi Endemi, Wamenkeu Minta Wirausaha Muda Bersiap
    Endemi Covid-19. Foto : Medcom.



    Jakarta: Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengajak para pengusaha muda untuk bersiap menghadapi tantangan pandemi yang kemungkinan akan menjadi endemi. Ia menyebut, pandemi menjadikan lingkungan bisnis bukan saja lingkungan ekonomi yang biasa, melainkan lingkungan ekonomi yang bergerak bersama dengan virus covid-19.

    "Kita akan berada dalam situasi seperti ini dan inilah tantangan ke depan dari Anda semua yang berusaha mempelajari. Dari situasi pandemi, kita akan terus bersama virus ini. Jadi kemungkinan besar kita akan memasuki situasi yang disebut endemi," kata dia dalam webinar, Kamis, 28 Oktober 2021.

     



    Ia menambahkan ketidakpastian akibat covid-19 ini masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan. Untuk itu, Suahasil meminta para pengusaha untuk tidak hanya memperhatikan faktor ekonomi saja, melainkan faktor-faktor lain yang bisa memberikan defek signifikan seperti pandemi covid-19.

    "Kini pengusaha tidak hanya memperhatikan supply, demand, produksi, dan efisiensi dari usahanya. Sekarang ditambah dengan the dynamics of being in a pandemic," ungkap dia.

    Lebih lanjut, ia menjelaskan pandemi mengajarkan dua hal. Pertama yaitu jika penularan covid meningkat, maka suatu saat bisa diturunkan dengan membuat pembatasan kegiatan ekonomi. Namun begitu, hal ini akan membawa konsekuensi bagi kegiatan ekonomi, bisnis, dan sosial yang terpengaruh.

    "Kedua, jika jumlah pasien covid turun, maka bukan berarti virus menghilang. Virusnya masih ada dan dapat meningkatkan jumlah penderita. Untuk itu, dibutuhkan penerapan protokol kesehatan, vaksinasi, dan hidup sehat karena penularan berhubungan terbalik dengan mobilitas dan gerak ekonomi," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id