Badan Cadangan Pangan Strategis akan Dikelola Militer

    Eko Nordiansyah - 24 Juni 2020 15:34 WIB
    Badan Cadangan Pangan Strategis akan Dikelola Militer
    Ilustrasi cadangan pangan nasional - - Foto: Medcom/ Daviq Umar Al Faruq
    Jakarta: Pemerintah berencana membentuk badan cadangan pangan strategis yang dikelola oleh militer. Upaya ini dilakukan untuk memperkuat sistem ketahanan pangan nasional.

    "Bahkan kita mencoba susun sebuah (badan) cadangan strategis pangan yang sedang dipikirkan adalah ada lembaga, badan cadangan pangan strategis nasional," kata Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.

    Suharso menjelaskan militer memiliki kemampuan untuk mengelola pangan dalam keadaan darurat. Apalagi cadangan pangan strategis sangat dibutuhkan ketika negara mengalami krisis pangan.

    "Karena di dunia militer itu, waktu perang ada tiga hal yang harus dimiliki. Bukan hanya amunisi perang tapi sistem kesehatan, makanya punya rumah sakit, dokter dan sebagainya, ketiga, pangan," jelas dia.

    Ia menambahkan pemerintah tengah mencari lokasi yang tepat untuk penyimpanan cadangan pangan strategis tersebut. Jika dimungkinkan, rencana itu akan direalisasikan tahun depan.

    Pemerintah juga menargetkan cetak baru 165 ribu hektare lahan sawah. Dengan ini, Indonesia diharapkan memiliki ketahanan pangan saat terjadi kelangkaan.

    "Sistem ketahanan pangan ini dari konsumsi, produksi, berikan target berapa gabah kering giling. Panen kita itu bergeser Maret-April sama Juli-Agustus. Tapi begitu memasuki Oktober-November sampai Februari melandai sekali, itu karena cuaca," ungkap dia. 




    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id