KKP Dorong Pemberdayaan Nelayan Atasi Dampak Covid-19

    Antara - 16 September 2020 11:01 WIB
    KKP Dorong Pemberdayaan Nelayan Atasi Dampak Covid-19
    Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
    Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong program kegiatan pemberdayaan nelayan. Dorongan itu dilakukan dalam rangka mengatasi dampak pandemi covid-19 yang berpengaruh terhadap kondisi kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir.

    "Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi, inovasi, keterampilan, kompetensi dan manajemen usaha penangkapan ikan," kata Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini, dikutip dari Antara, Rabu, 16 September 2020.

    Selain itu, ujar dia, program pemberdayaan nelayan juga untuk membuka wawasan nelayan tentang alternatif penjualan hasil tangkapan atau produk perikanan bernilai tambah. "Seperti yang kita ketahui sekarang akibat pandemi global covid-19, nelayan kecil menjadi komunitas yang paling terdampak," katanya.

    Ia mengemukakan bahwa dampak yang paling dirasakan adalah harga ikan yang turun drastis, meskipun hasil tangkapan stabil. Kondisi itu, ujar Zaini, tidak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan dan biaya operasional yang tinggi, sehingga dengan adanya acara ini dapat membantu para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

    Salah satu contoh program pemberdayaan nelayan telah dilakukan antara lain di Cirebon, 14-15 September 2020. Dalam acara ini para nelayan dan para wanita nelayan diberikan sosialisasi, bimtek dan gerai fasilitasi, yang di antaranya memperkenalkan inovasi teknologi tepat guna untuk meningkatkan produktivitas hasil tangkapan nelayan melalui apartemen ikan.

    Selain itu, ada pula bimbingan teknis perbengkelan khususnya mesin penggerak kapal dan mesin pendukung alat penangkapan, dukungan akses permodalan dan pendanaan dalam meningkatkan kapasitas usaha nelayan.

    Berbagai pihak yang diajak kerja sama antara lain dukungan Aplikasi Laut Nusantara untuk meningkatkan produktivitas nelayan, pembiayaan dengan gadai kapal perikanan kerja sama dengan PT Pegadaian bagi nelayan kecil, dan pendampingan dan pembiayaan dari PT Permodalan Nasional Madani melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar).
     

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id