KKP Dorong Masyarakat Buka Startup di Bidang Perikanan

    Insi Nantika Jelita - 12 November 2020 10:03 WIB
    KKP Dorong Masyarakat Buka <i>Startup</i> di Bidang Perikanan
    Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
    Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong masyarakat membuat usaha-usaha baru atau startup di bidang perikanan seperti jasa alat tangkap tuna hand line dan olahan ikan. Upaya itu dengan harapan bisa memajukan industri perikanan Indonesia di masa mendatang.

    Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja mengajak masyarakat tak hanya belajar untuk membuat alat tangkap dan olahan untuk kalangan sendiri, namun berani membangun usaha di bidang terkait.

    "Membuat saja tidak cukup. Kita harus menciptakan startup-startup atau pelaku usaha yang baru," ujar Sjarief, dalam keterangan resminya, Kamis, 12 November 2020.

    Sjarief menyebut usaha seperti alat pancing tuna hand line memiliki potensi besar. Pasalnya, alat tangkap sederhana ini umumnya tidak memiliki umur yang panjang sehingga kebutuhan jasa reparasinya akan terus-menerus dibutuhkan.

    Potensi ini terutama berlaku di wilayah-wilayah sekitar Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Teluk Tomini yang merupakan wilayah migrasi ikan tuna, tongkol, dan cakalang (TTC). Hal ini, kata Sjarief, menjadikannya daerah yang sangat potensial bagi masyarakat setempat, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk komoditas ekspor.

    Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Lilly Aprilya Pregiwati menyampaikan KKP menyediakan akses modal bagi para peserta yang ingin membangun maupun mengembangkan usahanya.

    "KKP menyediakan bantuan permodalan dari Badan Layanan Umum-Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (BLU-LPMUKP). Silakan diakses dengan bunga hanya tiga persen per tahun. Sangat murah," pungkas Lilly.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id