Sparepart Dicuri, Fasilitas Gas PGN di Pulo Gebang Bocor

    Suci Sedya Utami - 05 Januari 2021 19:51 WIB
    <i>Sparepart</i> Dicuri, Fasilitas Gas PGN di Pulo Gebang Bocor
    PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Medcom/Annisa Ayu.
    Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyatakan insiden kebocoran Meter Regulating Station (MRS) Sektor Pulo Gebang, Jalan Pangeran Komarudin Cakung Cilincing Barat, Jakarta Timur telah ditangani secara cepat. MRS berfungsi untuk mengatur tekanan gas yang akan digunakan oleh pelanggan.

    Area Head PGN Jakarta Sheila Merlianty mengatakan berdasarkan temuan di lapangan, kebocoran terjadi pada pressure tap sensor kabel stream pipa MRS yang dirusak. Ia bilang dugaan awal, ada oknum yang berusaha mencuri sparepart pengukur volum atau Electronic Volume Corrector (EVC) di MRS, sehingga terjadi kebocoran gas.

    "Saat ini pencuri sudah diamankan oleh pihak kepolisian," kata Sheila dalam keterangan resmi, Selasa, 5 Januari 2021.

    Hal ini membuat pelayanan terhadap pelanggan terganggu. Namun saat ini, kondisi telah kembali normal. Ia bilang begitu tiba di lokasi Tim Penanganan Gangguan (TPG) PGN segera memasang barikade dan langsung menangani kebocoran pada pressure tap stream MRS tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur dan protokol kesehatan covid-19.

    Kemudian TPG melakukan penutupan calve stream inlet & outlet untuk mengurangi tekanan. Setelah itu, TPG memasang plug dop pada pressure tap yang rusak.

    "Kami menyampaikan permohonan maaf atas insiden ini, termasuk kepada pelanggan PGN serta masyarakat sekitar lokasi atas ketidaknyamannya akibat insiden ini. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas sikap tanggap dari masyarakat sekitar lokasi kejadian yang langsung mengabarkan kepada petugas PGN, sehingga insiden ini dapat segera diatasi," ujar Sheila.

    Lebih lanjut Sheila menambahkan fasilitas gas bumi harus dikelola dari risiko kebocoran oleh semua pihak. Termasuk oleh masyarakat apabila ada yang mendapati kejadian seperti ini bisa langsung dilaporkan ke contact center PGN di nomor 1500645.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id