Ketersediaan Daya Listrik Sumbar Siap Dukung Aktivitas Investor

    Antara - 07 Januari 2021 07:41 WIB
    Ketersediaan Daya Listrik Sumbar Siap Dukung Aktivitas Investor
    Ilustrasi. FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN
    Padang: Manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengungkapkan ketersediaan daya listrik sangat siap untuk mendukung kebutuhan suplai bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah setempat.

    "Kini daya mampu pembangkit yang ada di Sumbar 743,62 megawatt, sedangkan beban puncak 593,50 megawatt sehingga masih ada cadangan 150,12 megawatt," kata General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, dilansir dari Antara, Kamis, 7 Januari 2021.

    Menurut dia, dengan kebutuhan suplai listrik cukup baik, artinya investor tak perlu khawatir ingin menanamkan modal di provinsi ini karena PLN siap mendukung. Apalagi, dengan sistem interkoneksi Sumatra atau tol listrik sudah berjalan sehingga makin banyak daya dapat disalurkan ke Sumbar.

    "Jika investasi banyak masuk ke Sumbar, dan tak terwadahi dengan cadangan yang ada, masih bisa tambah suplai melalui sistem interkoneksi listrik Sumatera," katanya.

    Oleh karena itu, selalu diimbau pelaku usaha untuk berinvestasi di berbagai sektor potensi yang dimiliki Sumbar. Bambang mengatakan bahwa PLN terus mendorong agar cadangan daya listrik yang ada tetap dapat terserap.

    Kini penyerapan daya listrik masih dominan rumah tangga sebesar 87 persen dari total 1.487.206 pelanggan di Sumbar, dan sektor bisnis sebesar 9,6 persen serta 0,04 persen industri. Selain mengimbau investor, pihaknya terus mengajak masyarakat beralih penggunaan energi lain ke listrik.

    "Kami imbau masyarakat untuk beralih penggunaan energi listrik, seperti transportasi dan peralatan masak, seperti kompor induksi. Karena di sisi efesiensinya cukup bagus," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id