Kelola Blok Rokan Agustus 2021, Pertamina Pastikan Berdayakan Pekerja Lokal

    Suci Sedya Utami - 17 Maret 2021 15:02 WIB
    Kelola Blok Rokan Agustus 2021, Pertamina Pastikan Berdayakan Pekerja Lokal
    Ilustrasi Blok Rokan - - Foto: MI/ Susanto



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) secara resmi menjadi operator pengelola Blok Rokan pada Agustus 2021. Perseroan memastikan akan memberdayakan pekerja lokal terutama masyarakat Riau.

    Dalam pertemuan dengan Panitia Kerja (Panja) Migas Komisi VII DPR RI, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Budiman Parhusip menegaskan perusahaan migas pelat merah ini akan melakukan transfer of employment terhadap pekerja PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) sebagai operator sebelumnya di Wilayah Kerja Rokan.






    Melalui anak usahanya Pertamina Hulu Rokan (PHR), perseroan telah melakukan kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Riau, termasuk komitmen PHR untuk melakukan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Bumi Lancang Kuning tersebut.

    Program TJSL akan diprioritaskan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Riau di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pelestarian lingkungan. Perencanaan program TJSL ini juga melibatkan pemerintah daerah.

    "Adapun program Local Business Development (LBD) yang di bangun dan dilaksanakan oleh CPI saat ini, terlebih dahulu akan dilakukan pembahasan lebih lanjut. Diperlukan koordinasi dengan CPI untuk mendapatkan skema dan data 260 kontrak LDB sebelum dilakukan sosialisasi," ujar Budiman dalam keterangan resmi, Rabu, 17 Maret 2021.

    Ketua Panja Migas Komisi VII Alex Noerdin mengatakan kunjungan kerja ke Blok Rokan dalam rangka menyerap aspirasi dan mendapatkan data yang akurat terkait dengan alih transisi Blok Rokan. Alex berharap seluruh pemangku kebijakan mendukung alih transisi Rokan dengan cara mencari terobosan yang baik demi lancarnya proses alih kelola ini.

    "Pengelolaan Rokan harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Riau. Ini demi kesejahteraan bagi bangsa negara dan daerah. Jadi harus dipastikan kepentingan daerah di sini," jelas Alex.

    Kunjungan kerja Panja Migas ini juga diisi dengan kegiatan kunjungan ke lapangan kerja PT CPI di Minas. Tim manajemen PHR juga turut hadir memenuhi undangan rapat dengan Komisi IV DPRD Riau bersama Dinas ESDM Riau.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id