Lebih Murah, Pengguna Kendaraan Listrik Bisa Isi Daya di Rumah

    Suci Sedya Utami - 19 November 2020 10:56 WIB
    Lebih Murah, Pengguna Kendaraan Listrik Bisa Isi Daya di Rumah
    Ilustrasi pengisian daya mobil listrik - - Foto: Medcom/ Ekawan
    Jakarta: PT PLN (Persero) menjamin ketersediaan pasokan listrik bagi masyarakat dalam rangka mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Masyarakat bisa mengisi daya di rumah masing-masing akan tetapi terdapat batasan daya yang bisa digunakan.

    Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan agar tidak mengganggu aktivitas elektronik lainnya, para pengguna kendaraan listrik disarankan untuk memasang daya di rumah minimal sebesar 5.500 volt ampere (VA). Sebab, daya yang dibutuhkan untuk mengisi kendaraan listrik maksimal mencapai 450 watt.

    "Jadi supaya aman 5.500 VA untuk kendaraan listrik," kata Bob, Jakarta, Rabu, 18 November 2020.

    Sementara itu, pabrikan mobil Hyundai membutuhkan daya sekitar 1.760 watt. Artinya kapasitas daya yang terpasang di rumah minimal 2.200 VA. Untuk mobil listrik produksi Wuling butuh daya 2.200 watt dengan lama waktu pengisian tujuh hingga delapan jam. Jika menggunakan fast charging hanya tiga hingga empat jam dengan daya 3.300 watt.

    Terkait tarif listrik, Bob menilai tidak akan merugikan pelanggan lantaran dikenakan tarif yang sama serupa dengan yang memiliki daya 1.300 VA yakni sebesar Rp1.444,7 per kWh. PLN juga siap berikan diskon saat masyarakat melakukan pengisian daya khusus mobil listrik.

    "Sama saja bayar untuk yang 1.300 VA, malah kita kasih diskon kalau mau tambah daya nanti. Jadi masyarakat enggak perlu takut," tutur dia.

    Lebih lanjut, PLN juga akan memberikan jaminan pada para produsen kendaraan listrik agar tidak ragu memproduksi kendaraan listrik. Termasuk mendukung penuh dari sisi infrastruktur dan pasokan listriknya.

    "Kita jamin kualitas listriknya bagus. Artinya waktu masyarakat beli kendaraan listrik ke Hyundai atau Wuling ini akan otomatis terhubung," jelas Bob.  

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id