B-30 Diyakini Ampuh Tekan Defisit Perdagangan

    Media Indonesia.com - 10 Desember 2020 08:29 WIB
    B-30 Diyakini Ampuh Tekan Defisit Perdagangan
    Ilustrasi. FOTO: MI/Aries Munandar



    Jakarta: Kelapa sawit telah menjadikan Indonesia sebagai produsen biodiesel atau energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Biodiesel merupakan pencampuran minyak sawit dengan minyak solar yang menghasilkan B-30.

    Pelaksana tugas Direktur Kemitraan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Edi Wibowo mengatakan sejak Januari 2020 Indonesia telah menjadi pionir dalam pemanfaatan campuran biodiesel dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) solar terbesar di dunia.






    "(B-30) menjadikan Indonesia sebagai pionir dalam pemanfaatan campuran biodiesel dalam BBM solar terbesar di dunia yang mengurangi ketergantungan negara kita pada impor minyak solar sekaligus mengurangi defisit neraca perdagangan sektor migas," ujar Edi, dikutip dari Mediaindonesia.com, Kamis, 10 Desember 2020.

    Edi menambahkan, selain dijadikan biodesel, produk kelapa sawit dan turunannya telah diekspor ke seluruh penjuru dunia dan merupakan komoditas penghasil devisa ekspor terbesar Indonesia di luar nonmigas Rata-rata nilai ekspor kelapa sawit per tahun mencapai sebesar USD21,4 miliar.

    "Atau rata-rata 14,19 persen per tahun dari total ekspor nonmigas Indonesia," ujar Edi.

    Edi menambahkan, di masa pandemi covid-19, sektor kelapa sawit terbukti mampu bertahan dan tetap menyumbangkan devisa ekspor yang cukup besar. Hingga Agustus 2020, devisa terkumpul dari ekspor sawit mencapai USD13 miliar di tengah lesunya sektor-sektor penghasil devisa lainnya.

    "Seperti migas, batu bara, dan pariwisata," jelasnya.

    Meski memiliki potensi besar, Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apo­lin) Rapolo Hutabarat mengatakan industri minyak kelapa sawit Indonesia belum digarap dengan serius dalam arti bisnis.

    Dia mencontohkan, dalam sebuah kelapa sawit memiliki sumber bahan baku POME yang dapat menghasilkan listrik, gas, dan algae. Bahan baku tandan kosong pun bisa menghasilkan listrik dan etanol.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id