5 Populer Ekonomi: Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi hingga Vaksinasi Gotong Royong

    Ade Hapsari Lestarini - 05 Mei 2021 06:04 WIB
    5 Populer Ekonomi: Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi hingga Vaksinasi Gotong Royong
    Foto: dok MI.



    Jakarta: Berita-berita terpopuler ekonomi Medcom.id didominasi dari dalam negeri. Mulai dari pengumuman pertumbuhan ekonomi, hingga vaksinasi gotong royong yang akan segera dilaksanakan.

    Berikut lima berita terpopuler ekonomi Medcom.id pada Selasa, 4 Mei 2021:

    1. Diumumkan Besok, Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal I Diprediksi Masih Kontraksi

    Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2021 masih akan terkontraksi. Pengumuman resmi realisasi pertumbuhan ekonomi akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) besok.






    "Kuartal I diperkirakan pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi pada sekitar minus 0,6 sampai minus 0,9 (yoy)," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Realisasi Anggaran PEN Tembus Rp155,63 Triliun, Apa yang Terbesar?

    Pemerintah mencatat realisasi anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp155,63 triliun hingga akhir April 2021. Realisasi anggaran ini telah mencapai 22,3 persen dari pagu yang disediakan sebesar Rp699,43 triliun.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pelaksanaan program PEN diharapkan mampu mendorong peningkatan di semua sektor. Menurutnya, realisasi program ini menjadi penting untuk menggerakkan ekonomi di masa pandemi.

    Baca selengkapnya di sini

    3. 12,5 Juta Masyarakat Sudah Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

    Pemerintah mencatat sudah ada 20 juta suntikan vaksin covid-19 hingga akhir April 2021. Percepatan program vaksinasi ini dinilai akan memberikan optimisme untuk pemulihan di sisi kesehatan dan ekonomi dari dampak pandemi.

    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia bisa menembus 10 juta suntikan dalam waktu dua bulan sejak Januari hingga Maret. Namun pada April terjadi percepatan program vaksinasi sehingga bisa menembus 10 juta suntikan.

    Baca selengkapnya di sini

    4. Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan

    Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan. Vaksinasi ini diharapkan jadi upaya bersama untuk mengendalikan pandemi covid-19.

    "Vaksinasi gotong royong akan mulai berjalan minggu depan dan tentu harapannya vaksinasi ini jadi salah satu faktor yang menentukan dalam menangani faktor kesehatan dan perekonomian kita ke depan," katanya dalam Rilis Survei Indikator: Persepsi Ekonomi dan Politik Jelang Lebaran, dilansir dari Antara, Selasa, 4 Mei 2021.

    Baca selengkapnya di sini

    5. Sengketa Sarinah dan Pengelola Hotel Sari Pan Pacific Berakhir Damai

    Sengketa hukum yang melibatkan PT Sarinah dengan PT Parna Jaya yang berlangsung sejak 2007 lalu akhirnya menemui titik terang. Kedua belah pihak bermaksud untuk mengakhiri secara damai sengketa-sengketa dan upaya-upaya hukum yang telah, sedang, atau akan dijalankan.

    Upaya hukum tersebut sesuai dengan Putusan Peninjauan Kembali (PK) Perdata, Putusan Perdata Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Putusan Tata Usaha Negara (TUN) mengenai komposisi kepemilikan saham pihak pertama yakni PT Sarinah dan pihak kedua yakni PT Parna Jaya di dalam perusahaan.

    Baca selengkapnya di sini

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id