comscore

Asosiasi Dukung Pemerintah Bentuk Entitas Khusus Batu Bara

Antara - 14 April 2022 21:35 WIB
Asosiasi Dukung Pemerintah Bentuk Entitas Khusus Batu Bara
Ilustrasi pengusaha tambang batu bara - - Foto: MI/ Bagus Suryo
Jakarta: Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (Aspebindo) mendukung pembentukan entitas khusus batu bara.
 
Menurut Ketua Umum Aspebindo Anggawira, pembuatan entitas batu bara merupakan langkah terbaik dalam mendoron pemasaran batu bara di dalam negeri.
 
"Para pemasok batu bara dapat menjual harga batu baranya dengan harga pasar, sehingga pasar domestik kembali menarik. Pembentukan entitas batu bara ini sangat baik untuk mendorong pemasok batu bara memasarkan produknya di dalam negeri," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis, 14 April 2022.
 
Anggawira mengakui dengan mekanisme DMO USD70  per ton saat ini membuat pasar domestik kurang menarik bagi pengusaha batu bara. Dengan selisih harga yang tinggi, sehingga di luar kewajiban DMO, pengusaha lebih memilih menjual produknya ke pasar luar negeri.
 
Pembentukan entitas batu bara dapat menggairahkan pasar batu bara domestik, sehingga pemerintah tidak kesulitan mencari batu bara untuk kebutuhan energi.
 
Namun, Anggawira mengingatkan, perusahaan tambang memiliki beragam skala usaha, sehingga perlu dilakukan perlakuan khusus bagi setiap skala usaha.
 
"Kalau kita lihat pemasok batu bara bukan hanya perusahaan besar saja, banyak perusahaan kecil dan menengah yang justru berperan besar untuk menjaga pasokan batu bara. Untuk itu, KADIN Indonesia perlu menggaet semua asosiasi batu bara yang terdaftar baik skala besar dan kecil agar ikut terlibat di entitas ini," terang Anggawira.
 
Lebih lanjut, ia mengapresiasi langkah pemerintah yang akan bekerja sama dengan asosiasi batu bata. Menurutnya, asosiasi memiliki peran penting dalam membangun komunikasi antara pemerintah dan pengusaha.
 
"Kami mengapresiasi langkah pemerintah untuk menggaet asosiasi dalam entitas ini, tentu dengan keikutsertaan asosiasi komunikasi pemerintah dan pengusaha akan semakin lancar dan entitas ini dapat menjalankan tugas dengan maksimal," pungkas Anggawira.
 

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id