Ini yang Bikin Produk Domestik Lebih Mahal Dibandingkan Impor

    Eko Nordiansyah - 17 Maret 2021 20:07 WIB
    Ini yang Bikin Produk Domestik Lebih Mahal Dibandingkan Impor
    Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita - - Foto: dok MI



    Jakarta: Mantan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan pola subsidi yang diberikan pemerintah selama ini bertentangan dengan ketentuan dalam Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hal ini membuat produk dalam negeri menjadi lebih mahal dibandingkan produk impor seperti produk pertanian, perikanan, hingga peternakan.

    "Bagaimana kita daging sapi bisa lebih mahal di Indonesia dibandingkan yang dari Brazil. Perjalanan sapi dari Brasil 33 hari. Ada sesuatu yang salah," kata dia dalam diskusi 'Manifesto Cinta Produksi Dalam Negeri dalam Strategi Pemulihan Ekonomi' secara virtual di Jakarta, Rabu, 17 Maret 2021.

     



    Ia menjelaskan produk impor memiliki pola subsidi yang lebih tepat sehingga bisa masuk pasar luar negeri dengan harga murah. Misalnya pemerintah Amerika, Australia hingga Eropa lebih memilih untuk menyewa lahan yang kemudian dikelola oleh petani atau peternak lokal. Hal ini berguna untuk mendorong produk dalam negeri, serta menghindari terjadinya korupsi.

    "Pola subsidi kita salah. Pola subsidi yang tidak bertentangan dengan ketentuan WTO, itulah yang harus dilakukan secara cerdas. Itu sudah kami lakukan pada waktu itu, kita usulkan pada waktu itu karena ini bukan tupoksi kita," ungkapnya.

    Di sisi lain, banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk mendukung produksi dalam negeri dengan mengacu ketentuan WTO. Dengan begitu, produk-produk yang dihasilkan di dalam negeri bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

    "Demikian juga dengan produksinya sendiri, sudah mulai meningkat kualitas dari produksi tapi apakah produksi kita sesuai dengan pasar atau tidak. Saya bisa memproduksi ini sedangkan pasar berkehendak berbeda," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id