Menhub: Peniadaan Mudik Dorong Lonjakan Arus Logistik

    Insi Nantika Jelita - 11 Mei 2021 19:55 WIB
    Menhub: Peniadaan Mudik Dorong Lonjakan Arus Logistik
    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi - - Foto: MI/ Susanto



    Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut peniadaan mudik mendorong pergerakan angkutan logistik hingga 70 persen dalam satu bulan terakhir.

    “Tidak hanya angkutan tol laut menuju Indonesia Timur saja yang mengalami kenaikan, tingkat keterisian angkutan balik dari Indonesia Timur menuju Barat yang selama ini belum optimal, dan mengalami kenaikan hingga 30 persen,” jelas Budi dikutip dari Mediaindonesia.com, Selasa, 11 Mei 2021.

     



    Kenaikan angkutan logistik melalui sektor laut juga terjadi untuk angkutan logistik internasional, yakni sebesar 6 persen. Adapun data itu dibandingkan awal 2020 atau sebelum pandemi covid-19.

    “Kita tahu bahwa angkutan logistik ini sangat penting untuk memberikan suatu ruang bagi pertumbuhan ekonomi untuk menjadi lebih baik,” imbuh Budi.

    Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, pelaksanaan program tol laut mengalami peningkatan yang signifikan sejak direalisasikan pada 2016. Hingga 2021, jumlah pelabuhan singgah tol laut bertambah menjadi 103 titik, dari sebelumnya 31 titik pada 2016.


    Begitu juga jumlah armada kapal yang meningkat dari 6 kapal pada 2016 menjadi 30 kapal pada 2021. Adapun jumlah trayek meningkat dari enam trayek menjadi 30 trayek pada 2021.

    Di lain sisi, kenaikan angkutan logistik berbanding terbalik dengan jumlah penumpang di berbagai moda transportasi. Saat berkunjung ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Budi mengungkapkan ada penurunan drastis jumlah penumpang bandara hingga 90 persen.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id