Saran Pengusaha Supaya RI Jadi Pemain di Industri Halal Global

    Eko Nordiansyah - 24 Oktober 2020 17:52 WIB
    Saran Pengusaha Supaya RI Jadi Pemain di Industri Halal Global
    Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani - - Foto: Medcom/ Husen Mitahudin
    Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berharap pemerintah bisa mendorong Indonesia sebagai pemain industri halal dunia. Sebab, sangat disayangkan mayoritas penduduk muslim Indonesia hanya menjadi pasar industri halal.

    "Jadi kalau mau ambil pasar, kita harus aktif marketing dan berhubungan dengan negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang mayoritas pangsa pasarnya baik," kata Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani dalam webinar di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.

    Meski demikian, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha Indonesia. Salah satunya sertifikasi halal yang diterapkan di dalam negeri bisa diterima oleh industri halal global seperti halnya Malaysia.

    "Ada tantangan, dari segi literasi, interlinkage, konsumsi, pemanfaatan teknologi, dan standar halal bisa diterima di tingkat global. Misal Jepang pakai standar Malaysia, jadi kita ingin dorong standar Indonesia bisa dipakai di dunia," ungkapnya.

    Ia menambahkan, data State of Global Islamic Economic Report menunjukkan Indonesia punya pasar yang besar meski hanya berada di urutan ke-10 dunia sebagai produsen. Indonesia kalah dari Uni Emirat Arab, Yordania, hingga Malaysia.

    Salah satu sektor yang bisa menjadi unggulan Indonesia, yakni ekspor produk halal nasional. Sebab ekspor di sektor ini tercatat mengalami surplus USD5 juta.

    "Untuk membangun ini, kita harus ada di value chain makanan minuman halal. Kita harus melibatkan semua sektor yang ada dari makanan minuman, akomodasi dan lain-lain. Peran UMKM penting karena di setiap value chain mereka selalu ada," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id