Teten: Transformasi Digital UMKM Jangan Sekadar Tersambung ke Internet

    Ilham wibowo - 27 Oktober 2020 18:00 WIB
    Teten: Transformasi Digital UMKM Jangan Sekadar Tersambung ke Internet
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok.Kemenkop UKM
    Jakarta: Pemerintah tengah memprioritaskan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar segera bertransformasi di ekosistem ekonomi digital. Cara ini dinilai paling ideal untuk meningkatkan level bisnis.

    "Sekarang pekerjaan kita bagaimana melakukan edukasi, kurasi, dan inkubasi bagi UMKM untuk bisa onboarding di market digital," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam webinar, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Lebih lanjut, Teten mengungkapkan bahwa pemanfaatan teknologi digital untuk UMKM jangan hanya sekadar memindahkan penjualan ke platform online. Menurut Teten, peningkatan inovasi produk dan strategi marketing juga perlu ditingkatkan agar mampu bersaing.

    Misalnya saja ketersediaan stok dengan menambah kapasitas produksi produk unggulan. Pada saat terhubung dengan pasar digital, permintaan produk bakal meningkat, berlangsung cepat, dan berkelanjutan.

    "Ketika mereka tidak bisa memenuhi permintaan cepat ya mereka tidak akan bisa bertahan lama di marketplace online," ujar Teten.

    Selanjutnya terkait kualitas produk UMKM yang mesti memiliki standar mutu yang baik. Bukan tidak mungkin, kata Teten, persaingan produk di pasar digital juga bakal berhadapan langsung dengan pengusaha berskala industri.

    "Kita harus ingat bahwa di marketplace online ini persaingan juga sangat ketat karena banyak brand besar yang sekarang jualan di online. Kita khawatir juga ke depan tren pabrikan industri langsung masuk ke online," ungkapnya.

    Pelaku UMKM bisa fokus pada produk yang memiliki nilai budaya khas juga bisa dijadikan strategi bisnis. Nilai orisinalitas yang tinggi pun akan meningkatkan nilai tambah untuk memikat pembeli.

    "UMKM kalau dihadapkan dengan usaha besar saya kira akan kalah karena itu kita harus bantu. UMKM kita bisa memproduksi barang-barang yang memang tidak bertarung dengan usaha besar, kita harus mencari model sentuhan budaya agar bisa dijadikan strategi untuk produk UMKM," ucapnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id