Erick: Jumlah Startup Indonesia Masuk Top 5 Dunia

    Suci Sedya Utami - 05 Maret 2021 20:53 WIB
    Erick: Jumlah <i>Startup</i> Indonesia Masuk Top 5 Dunia
    Ilustrasi perusahaan rintisan di Indonesia - - Foto: Medcom



    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan jumlah startup atau perusahaan rintisan di Indonesia masuk lima besar (top five) terbanyak di dunia.

    Berdasarkan data startupranking.com, jumlah startup di Indonesia mencapai 2.219 perusahaan. Nomor satu diduduki oleh Amerika Serikat (AS) dengan jumlah startup 66.806 perusahaan, disusul oleh India 9.349 perusahaan, Inggris 5.548 perusahaan dan Kanada 2.850 perusahaan.






    "Kita top five jumlah startup terbanyak di dunia," kata Erick dalam Rakernas Hipmi, Jumat, 5 Maret 2021.

    Saat ini terdapat perubahan standarisasi di kalangan generasi milenial sehingga mampu bersaing secara global. Di depan kader Hipmi, Erick mengatakan pentingnya inovasi dan digitalisasi dalam menghadapi perubahan zaman saat ini.

    Ia mendorong agar Hipmi memetakan dan mendata ulang proyeksi bisnis yang akan hilang di masa mendatang. Ia ingin para pengusaha yang bergabung di Hipmi mampu beradaptasi dalam menghadapi perubahan tersebut.

    "Contoh kita bicara baterai listrik, itu nanti kalau jadi, mobil listrik 80 persen mobilnya charge di rumah, berarti bisnis pom bensin akan tenggelam. Ini bukan menakut-nakuti karena perubahan terjadi dengan banyaknya digitalisasi," ucap Erick.

    Lebih jauh, Erick mencontohkan munculnya teknologi finansial seperti Bank Jago maupun bank digital lainnya. Menurut Erick, kehadiran layanan keuangan digital akan mendorong pembiayaan semakin murah, namun konsekuensinya banyak cabang-cabang bank akan tutup.


    "Hubungannya kalau yang bisnis properti, yang tadinya punya gedung disewa bank, bisa-bisa nanti 10 tahun ke depan enggak disewa lagi sama banknya karena sudah tidak perlu outlet, tidak perlu cabang," pungkas Erick.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id