Pemahaman Strategi Bisnis Memperkuat Serapan Kopi Indonesia

    Ilham wibowo - 06 Oktober 2020 10:45 WIB
    Pemahaman Strategi Bisnis Memperkuat Serapan Kopi Indonesia
    Kopi. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Peningkatan level mengonsumsi kopi di Tanah Air dinilai perlu disambut pelaku bisnis hilir agar memperkuat serapan domestik terutama hasil panen petani. Implementasi strategi usaha yang tepat pun diperlukan terutama bagi pemula dalam peningkatan usahanya.

    Head of Marketing Toffin Ario Fajar mengatakan pihaknya mendorong agar pebisnis kopi, barista, serta orang yang bergerak di industri kopi terus meningkatkan kemampuan bisnisnya. Perubahan tantangan pasti akan dialami seperti menghadapi pandemi covid-19 yang memerlukan inovasi dan strategi berbeda.

    "Saat ini seluruh industri food and beverage mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pemilik bisnis dituntut untuk melakukan strategi pemasaran, penjualan dan promosi yang kreatif. Sementara itu, para barista juga harus meningkatkan kompetensinya," kata Ario dalam sebuah webinar, Senin, 5 Oktober 2020.

    Menghadapi situasi yang serba sulit untuk berkumpul, kata dia, sarana virtual masih bisa diandalkan untuk meningkatkan kemampuan bisnis olahan kopi. Pengembangan usaha perlu terus dilakukan seperti memperbaharui kreasi menu dan pemasaran yang tepat.

    Barista Mikael Jasin menuturkan bahwa pelatihan keterampilan yang difasilitasi oleh mentor berpengalaman seperti master kopi internasional, ahli teh, pakar kafe dan restoran akan menjadi nilai tambah. Peningkatan wawasan bisnis akan memudahkan menghadapi tantangan pertumbuhan usaha di masa mendatang.

    "Edukasi berbasis digital kini menjadi cara baru untuk belajar berbagai bidang baru. Mulai dari upskill untuk profesi hingga menambah berbagai ilmu aktual untuk menambah wawasan, apalagi di masa pandemi seperti ini," ungkapnya.

    Coffee Influencer Andre Eiermann mengatakan bahwa pemanfaatan fasilitas digital memberikan kesempatan kepada para individu maupun pebisnis untuk bisa mengembangkan kemampuan personal maupun profesional. Calon entrepreneur olahan kopi perlu terus dilahirkan.

    "Edukasi berbasis digital, selain ramah lingkungan juga menghemat waktu," ujar Andre

    Head of Learning & Development Toffin Indonesia Willy Sidewalk menambahkan pihaknya telah menyiapkan Toffin E-Learning Center sebagai sarana peningkatan bisnis. Beragam program dalam platform digital disediakan untuk mendukung industri kopi nasional.

    "Ke depannya, siapapun bisa ikut berkontribusi. Kami percaya setiap orang berhak mendapatkan pembelajaran dan setiap orang juga dapat berbagi ilmu tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu," pungkasnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id