comscore

Pandemi Covid Percepat Transformasi Digital di Berbagai Industri

Ade Hapsari Lestarini - 22 April 2021 17:07 WIB
Pandemi Covid Percepat Transformasi Digital di Berbagai Industri
Chief Executive Officer (CEO) Esri Indonesia Achmad Istamar. Foto: Medcom.id
Jakarta: Pandemi covid-19 telah mempercepat transformasi digital di berbagai industri. Para pelaku industri pun dituntut untuk menemukan cara agar bisnis dapat tetap berjalan di era new normal.

Chief Executive Officer (CEO) Esri Indonesia Achmad Istamar mengatakan memasuki era ini, perusahaan juga perlu membangun ketahanan atau resiliensi. Di samping menemukan keunggulan kompetitif baru.
"Kini semakin banyak pimpinan perusahaan yang memahami, mereka perlu kesigapan dalam beradaptasi terhadap kondisi pasar dan permintaan konsumen yang semakin dinamis," jelas dia, saat konferensi pers virtual, Kamis, 22 April 2021.

Dia menuturkan situasi saat ini juga mempercepat adopsi teknologi industri 4.0 seperti Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI), dan Machine Learning (ML).

"Dan kabar baiknya, perusahaan yang telah mengadopsi teknologi ini telah membuktikan bahwa mereka dapat lebih beradaptasi dalam menghadapi tantangan baru di era new normal," jelas dia.

Di sisi lain, Guru Besar Geodesi, Institut Teknologi Bandung (ITB) Hasanuddin Zainal Abidin menuturkan data dan informasi geospasial memainkan peran kunci dalam era globalisasi saat ini.

Faktanya, data dan informasi ini adalah titik awal untuk setiap perencanaan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan data dan informasi spasial maupun nonspasial yang akurat dan terkini mengenai dinamika perubahan bisnis terutama pada saat pandemi ini.

"Saya berharap para pemenang GeoInnovation Challenge dapat membantu menginspirasi banyak bisnis dan komunitas untuk merangkul transformasi digital," tambah dia.
 







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id