5 Berita Populer, dari Kebutuhan Kenaikan BLT hingga Ekonomi Indonesia di 2021

    Arif Wicaksono - 18 Oktober 2020 10:17 WIB
    5 Berita Populer, dari Kebutuhan Kenaikan BLT hingga Ekonomi Indonesia di 2021
    Ilustrasi BLT. Foto ; AFP.
    Jakarta: Berita-berita mengenai situasi ekonomi terkini mengenai pandemi korona menjadi perhatian pembaca. Hal-hal ini meliputi pemberian vaksin hingga kebijakan pemerintah terkait bantuan kepada masyarakat.

    Medcom.id mencatat ada lima topik dari digitalisasi, Kementerian Perdagangan, ekonomi Indonesia, penerimaan pajak, hingga perkembangan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Ulasan selengkapnya bisa dibaca dalam tautan di bawah ini.

    1. BLT Rp600 Ribu/Bulan Tak Cukup

    Bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per orang yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dinilai tidak mencukupi. Sebab, banyak masyarakat menengah ke bawah yang rentan miskin dan paling terdampak oleh resesi ekonomi.

    Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengusulkan agar pemerintah menaikkan bantuan langsung tunai (BLT) dari sebesar Rp600 ribu per orang, menjadi Rp1,2 juta per orang per bulan.

    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Kuartal IV-2021, Ekonomi Indonesia Diyakini Pulih secara Penuh

    Direktur riset Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Piter Abdullah memprediksi perekonomian Indonesia akan pulih secara penuh pada kuartal IV tahun depan seiring dengan akan tersedianya vaksin. Dengan kondisi itu diharapkan pertumbuhan ekonomi bisa lebih tinggi ketimbang tahun ini.

    Piter menyatakan pemulihan ekonomi akan membutuhkan waktu sekitar tiga sampai enam bulan sehingga jika vaksin tersedia pada awal tahun maka diperkirakan ekonomi benar-benar pulih pada kuartal IV.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Penerimaan Pajak Diramal Tumbuh Negatif

    Kontraksi ekonomi tahun ini diprediksi berdampak pada pertumbuhan penerimaan pajak. Berdasarkan pengalaman pada krisis sebelumnya, penerimaan pajak akan tertekan ketika pertumbuhan ekonomi terkontraksi.
     
    Pengamat Pajak DDTC Fiscal Research Bawono Kristiaji mengatakan apabila melihat pola krisis finansial global pada 2008, Bawono menyebut pemulihan ekonomi akan berlangsung dalam waktu singkat. Sayangnya, pertumbuhan penerimaan pajak tidak langsung kembali seperti pertumbuhan ekonomi sebelum krisis.

    Baca berita selengkapnya di sini

    4. Insinyur Sedunia Butuh Platform Digital Hasilkan Vaksin Covid-19

    Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mengusulkan perlunya platform digital sebagai sarana kolaborasi para insinyur dalam menghadapi persoalan global di masa pandemi. Kerja sama para bioengineer (insinyur teknik hayati) penting guna menghasilkan vaksin covid-19.

    Presiden Association of Engineering Education Southeast and East Asia and the Pacific (AEESEAP) Heru Dewanto  menjelaskan para ahli bioengineering bisa menjadikan platform kolaborasi ini sebagai pertukaran informasi genom virus Sars cov-2 di tiap negara, serta berbagai ilmu pengetahuan dalam percepatan pembuatan vaksin. Dengan demikian, akan lebih memudahkan para ahli menemukan solusi vaksin bagi dunia.

    Baca berita selengkapnya di sini

    5. Mendag Lepas Ekspor Produk Tekstil dan Furnitur

    Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melepas sebanyak 25 kontainer produk asal Yogyakarta ke Amerika Serikat dan Eropa. Nilai ekspor produk itu mencapai Rp10,68 miliar.
     
    Agus menjelaskan 25 kontainer itu akan dikirimkan dalam dua tahap. Tahap pertama terdiri atas empat kontainer produk pakaian dalam dan pakaian olahraga wanita dari PT Busana Remaja Agracipta diekspor ke Amerika Serikat (AS).

    Baca berita selengkapnya di sini


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id