November, Pemerintah Impor Vaksin Jadi

    Annisa ayu artanti - 15 Oktober 2020 12:55 WIB
    November, Pemerintah Impor Vaksin Jadi
    Ilustrasi vaksin covid-19. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah Indonesia akan mengimpor vaksin jadi untuk program vaksin yang rencananya akan dimulai pada November 2020.

    "Untuk program yang November itu pemerintah merencanakan mengimpor vaksin jadi," kata Project Integration Manager R&D PT Bio Farma (Persero) Neni Nurainy dalam diskusi virtual, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan, vaksin impor tersebut berasal dari antara tiga perusahaan vaksin Tiongkok yang telah dijajaki oleh Indonesia, yakni Sinovac, Sinopharm, dan Cansino.

    Ketiga vaksin tersebut diklaim telah mendapat emergency use authorization (EUA) dari Tiongkok, sehingga untuk masuk ke Indonesia perlu tambahan perizinan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    "Mereka vaksin ini sudah mendapat UEA di negaranya masing-masing. Jadi untuk masuk ke Indonesia perlu perizinan dari BPOM," ucapnya.

    Sebelumnya, pemerintah menyatakan program vaksin akan dimulai pada November 2020 setelah melakukan kunjungan ke Tiongkok akhir pekan lalu.

    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan pada pertemuan tersebut, pemerintah telah melakukan finalisasi pembelian beberapa vaksin-19.

    Adapun dari program vaksin yang akan dilangsungkan pemerintah pada November mendatang, akan difokuskan kepada tenaga kesehatan dan aparat keamanan yang berada di garis terdepan penanganan covid-19.

    "Pada tahap awal, kami akan memberikan prioritas vaksin kepada mereka yang di garda terdepan, yaitu medis dan paramedis, pelayanan public, TNI/Polri, dan seluruh tenaga pendidik," kata Terawan dalam keterangan tertulis, belum lama ini.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id