Teten: Pakai Surat Sakti, UMKM Lebih Gampang Dapat Pinjaman Bank

    Suci Sedya Utami - 03 April 2021 19:55 WIB
    Teten: Pakai Surat Sakti, UMKM Lebih Gampang Dapat Pinjaman Bank
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - - Foto: Medcom/ Hendrik



    Bandung: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak perlu lagi kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan atau modal usaha.

    Pasalnya, Undang-undang Cipta Kerja telah mengatur fasilitas khusus berupa surat sakti yakni surat perintah kerja atau permintaan produksi pada UMKM yang bisa digunakan untuk menjadi jaminan meminjam modal di bank.






    "Di UU Cipta Kerja sudah ada surat perintah kerja, itu bisa dijadikan jaminan untuk pinjam modal kerja ke bank, terutama Himbara," kata Teten di Bandung, Sabtu, 3 April 2021.

    Teten mencontohan misalnya UMKM mendapatkan order atau pesanan untuk memasok produknya dalam jumlah besar. Hanya saja UMKM tersebut tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli bahan baku produk dalam jumlah besar.

    Sebaliknya, UMKM tersebut memiliki surat yang menyatakan permintaan dari customer yang bisa dijadikan bukti dan jaminan untuk meminjam modal ke perbankan.

    "Begitu produknya diserap market, dikeluarkan surat perintah kerja atau permintaan, sudah bisa dibawa ke bank," ujar Teten.

    Teten menambahkan pihaknya akan terus mendampingi implementasi kebijakan tersebut agar para UMKM atau wiraswasta pemula bisa mendapatkan modal yang cukup dalam memproduksi hasil karyanya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id