Pelonggaran PPKM Dipercaya Mendag Mampu Gerakan Roda Perekonomian

    Annisa ayu artanti - 26 Juli 2021 19:07 WIB
    Pelonggaran PPKM Dipercaya Mendag Mampu Gerakan Roda Perekonomian
    Menteri Perdagangan M Lutfi. Foto: MI/Abdullah



    Jakarta: Menteri Perdagangan M Lutfi memproyeksikan pembatasan perpanjangan PPKM Level 3 dan 4 di sejumlah daerah akan tetap mampu menggerakkan roda perekonomian.

    Adapun pemerintah telah melonggarkan aturan PPKM tersebut. Salah satunya adalah mengizinkan pasar rakyat yang menjual barang kebutuhan pokok sehari-hari untuk buka hingga pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

     



    "Memang kita masih mengalami beberapa pembatasan tetapi mudah-mudahan ini dapat membantu dari pergerakan ekonomi di pasar-pasar dan di warung-warung di Jawa dan Bali," katanya dalam konferensi pers daring, Senin, 26 Juli 2021.

    Ia merinci, seluruh pasar di Jakarta dan Jawa Barat boleh dibuka asal mengikuti aturan tersebut.

    "Tetapi khusus di kota Bandung dibuka pukul 4 hingga 10 pagi, di Bogor dibuka pukul 5 pagi hingga pukul 16 sore," sebutnya.

    Kemudian, untuk pasar-pasar di Jawa Tengah juga diizinkan untuk buka hingga pukul 20.00 dengan kapasitas 50 persen kecuali kota Banyumas, Cilacap, Surakarta, dan Tegal.

    "Di Kota Banyumas dibuka pukul 5 sampai pukul 2 siang. Di Kota Cilacap pukul 5 sampai pukul 2 siang. Di kota Surakarta pukul 5 pagi sampai pukul 5 sore dan di Kota Tegal jam 5 pagi sampai jam 1 siang," tuturnya.

    Lalu di Jawa Timur, lanjut Lutfi, seluruh pasar diizinkan mengikuti aturan tersebut kecuali Kota Malang dan Probolinggo. Keduanya diizinkan beroperasi hanya pada pukul 6 pagi hingga 11 siang dan pukul 5 pagi hingga 4 sore.

    Sementarqa di Bali, Banten dan DI Yogyakarta dizinkan untuk buka mulai pukul 5 pagi hingga 8 malam dengan kapasitas 50 persen.

    "Adapun di Bali pasar diizinkan buka pukul 5 sampai pukul 8 malam dan 50 persen dari kapasitas. Di Banten operasional sampai pukul 8 malam dan pasar boleh didatangi 50 persen," ucapnya.

    Sedangkan untuk pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka sampai pukul 21.00.

    Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id