Indonesia Berencana Buka Wisata Vaksin Domestik

    Annisa ayu artanti - 29 Juli 2021 16:10 WIB
    Indonesia Berencana Buka Wisata Vaksin Domestik
    Ilustrasi paket wisata vaksin covid-19 - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) berencana membuka program wisata vaksin dalam negeri. Hal ini seiring dengan fenomena wisata vaksin ke Amerika Serikat (AS) yang tengah booming bberapa waktu terakhir.

    Ketua Umum Asita Artha Hanif mengatakan wisata vaksin dalam negeri merupakan bentuk lain dari medical tourism yang sempat digalakkan pemerintah untuk menggairahkan industri wisata.

    "Jadi dalam bentuk wacana itu (wisata vaksin domestik) yang akan mau di launching selain dari pada medical tourism," kata Artha kepada Medcom.id, Kamis, 29 Juli 2021.

     



    Meski demikian, hingga kini Asita belum mengemas paket-paket wisata menarik bagi masyarakat. Sebab, kasus covid-19 di Tanah Air masih terus meningkat dan pemerintah kembali memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat.

    Jika medical tourism bekerja sama dengan rumah sakit, maka paket wisata vaksin harus menggandeng otoritas pemegang vaksin. "Jadi karena itu pengemasan wisata vaksin juga masih belum. Masih bentuk wacana saja," ungkap dia.


    Adapun dampak pandemi covid-19 membuat industri pariwisata terseok-seok. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) penurunan wisatawan pada 2020 mencapai 75 persen.

    Berangkat dari hal tersebut, pemerintah mengeluarkan berbagai stimulus untuk memulihkan sektor pariwisata termasuk rencana menggalakkan medical tourism dan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id