Ini Alasan Perumnas Butuh Diguyur PMN Rp2 Triliun

    Suci Sedya Utami - 08 Juli 2021 15:27 WIB
    Ini Alasan Perumnas Butuh Diguyur PMN Rp2 Triliun
    Ilustrasi penyediaan rumah murah bagi masyarakat - - Foto: dok Kementerian PUPR



    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengajukan usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk Perum Perumnas sebesar Rp2 triliun agar bisa menyediakan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

    Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan saat ini Perumnas mengalami penurunan pendapatan yang sangat signifikan karena penjualan rumah untuk MBR tumbuh melambat. Sementara jumlah inventori Perumnas makin membesar.

     



    "Sehingga dengan inventori yang besar ini rasio utangnya meningkat tajam," kata Tiko, sapaan akrab dirinya dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis, 8 Juli 2021.

    Ia mengatakan untuk memastikan neraca keuangan dan juga kekuatan likuiditas yang memadai, maka Perumnas membutuhkan tambahan PMN tersebut. Di samping itu, Kementerian BUMN tengah melakukan restrukturisasi di tubuh Perumnas.

    "Kita menginginkan adanya tambahan PMN untuk memastikan penugasan Perumnas untuk membangun rumah untuk masyarakat miskin rendah bisa dilakukan secara sustainable," tutur dia.


    Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini menambahkan kondisi BUMN karya memang mengalami tekanan akibat pandemi covid-19, sehingga berdampak pada kontrak baru dan penjualan.

    Selain itu, penugasan dari pemerintah juga sangat berat yang tidak diimbang oleh penyertaan modal yang memadai. "Selama 2017-2019, tidak ada yang PMN yang diberikan pada BUMN karya yang menanggung Proyek Strategis Nasional (PSN)," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id