Alasan KRAS Beli Saham Produsen Seng dan Baja

    Annisa ayu artanti - 10 Juni 2021 12:37 WIB
    Alasan KRAS Beli Saham Produsen Seng dan Baja
    Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) Silmy Karim. Foto : Medcom/ilham Wibowo.



    Jakarta: Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) Silmy Karim membeberkan alasan utama pembelian saham PT Kerismas Witikco Makmur (KWM), produsen seng dan baja melalui PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC). Pertama adalah untuk memperkuat bisnis hilir sehingga berjalan sesuai dengan strategi perusahaan.

    "Ada dua hal baik dalam transaksi ini. Pertama, melalui peningkatan kepemilikan saham Krakatau Steel di Kerismas, akan memperkuat bisnis produk hilir yang sejalan dengan strategi Krakatau Steel," kata Silmy dalam keterangan resminya, Kamis, 10 Juni 2021.

     



    Kemudian, kedua pembelian saham tersebut berkaitan dengan restrukturisasi kepemilikan saham pada anak perusahaan Krakatau Steel agar fokus pada setiap line business.

    Ia menjelaskan PT KIEC segera menjadi induk dari Subholding Sarana Infrastruktur Krakatau Steel harus melepas saham-saham serta bisnis yang tidak sesuai dengan strategi bisnis subholding yang fokus pada bisnis kawasan industri terpadu yang lengkap dengan dukungan infrastruktur seperti pelabuhan, pembangkit listrik, serta solusi pengolahan air bersih.

    "Memperkuat bisnis di hilir merupakan strategi yang tepat mengingat Krakatau Steel harus memastikan terserapnya produk HRC dan CRC di pasar dalam negeri," ucapnya.

    Adapun, kapasitas produksi HRC (hot rolled coil) Krakatau Steel saat ini sebesar 3.9 juta ton dan CRC (cold rolled coil) sebesar 850 ribu ton per tahun.

    Berdasarkan laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan pembelian saham KWM tersebut sebanyak sebesar 19,54 persen atau senilai Rp41,46 miliar.

    Sekretaris Perusahaan Krakatau Steel Pria Utama juga mengatakan sudah menjelaskan, tujuan dari aksi pembelian saham tersebut adalah mendukung rencana pengembangan PT KIEC dengan fokus terhadap peningkatan bisnis yang terkait dengan pengembangan kawasan industri.

    "Sehingga dapat meningkatkan kinerja perseroan secara konsolidasian," ucap Pria.

    Dengan pembelian saham tersebut maka saham Krakatau Steel di KWM berubah dari sebelumnya 9,77 persen menjadi 29,31 persen. Sementara itu, komposisi pemegang saham lainnya PT Sentralindo Bumi Persada sebesar 58,38 persen dan PT Keris Mas Sukses 2,31 persen.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id