comscore

Pemerintah Targetkan Program Minyak Goreng Rakyat Jangkau 10 Ribu Titik

Annisa ayu artanti - 17 Mei 2022 13:38 WIB
Pemerintah Targetkan Program Minyak Goreng Rakyat Jangkau 10 Ribu Titik
Ilustrasi minyak goreng curah - - Foto: MI/ Safir Makki
Jakarta: Pemerintah menargetkan program minyak goreng rakyat Rp14 ribu per liter dapat menyentuh 10 ribu titik di seluruh Indonesia.

Menteri Perdagangan M Lutfi mengatakan saat ini program minyak goreng rakyat baru berada di 1.200 titik dan pihaknya menargetkan minggu depan sudah mencapai 5.000 titik.
"Program ini sudah berjalan sebelum lebaran sedang kita genjot terus untuk mencapai 10 ribu titik," kata Lutfi, Selasa, 17 Mei 2022.

Ia menjelaskan, program ini dijalankan melalui aplikasi digital milik holding pangan ID Food yang diprioritaskan untuk masyarakat yang membutuhkan. Program ini pun hanya berada di pasar retail tradisional yang sangat bersinggungan langsung oleh masyarakat, khususnya masyarakat menengah ke bawah.

"Saya ingin memperkenalkan program minyak goreng rakyat Rp14 ribu per liter. Jadi program ini, adalah proses transaksi tunai menggunakan aplikasi digital untuk kepada yang membutuhkan dari minyak Rp14 ribu," jelasnya.


Sebelumnya, Direktur Utama Holding pangan ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan pihaknya menciptakan aplikasi pendistribusian minyak goreng curah yang sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendukung Pemerintah dalam menjaga ketersediaan minyak goreng.

Aplikasi ini diciptakan untuk kemudahan pedagang, pengecer hingga konsumen dalam menjual dan membeli minyak goreng. Fitur layanan minyak goreng ini tersedia di aplikasi Warung Pangan yang dikelola anak usaha Holding PT Perusahaan Perdagangan Indonesia kolaborasi dengan PT Rajawali Nusindo, produsen, distributor dan Asosiasi Pedagang.

“Jadi melalui aplikasi terintegrasi ini, setiap pedagang atau pengecer minyak goreng curah akan didistribusikan minyak goreng 200 liter per hari dari ID Food, kemudian pengecer tersebut dapat bertransaksi penjualan langsung ke konsumen secara online, maksimal pembelian dua liter minyak goreng curah untuk setiap konsumen per hari, harga per liter pun disesuaikan HET Pemerintah yaitu Rp14 ribu per liter," jelas Frans.

Frans juga melanjutkan sistem aplikasi minyak goreng terintegrasi ini juga memiliki kemampuan monitoring ketersediaan stok minyak goreng di tingkat pedagang atau pengecer.

“Platform ini mampu membaca stok minyak goreng pengecer dan jumlah transaksi harian minyak goreng yang dibeli oleh konsumen," ucapnya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id