comscore

Pacu Pertumbuhan, UMKM Harus Adaptasi Penggunaan Teknologi Digital

Angga Bratadharma - 22 Juni 2022 07:08 WIB
Pacu Pertumbuhan, UMKM Harus Adaptasi Penggunaan Teknologi Digital
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Jakarta: Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati menyebut optimalisasi digital memiliki peranan penting untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertahan di saat pandemi covid-19 melanda dunia, termasuk di Indonesia. Meski demikian, tetap dibutuhkan dukungan dari banyak pihak terkait agar UMKM tetap tumbuh dan berkembang.

"Jadi memang sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia hampir seluruh sektor usaha itu termasuk UMKM terkena dampaknya dan banyak sekali UMKM yang mengalami penurunan omzet. Tapi dengan digitalisasi kita melihat pemasaran (dari UMKM) menjadi semakin luas," kata Fery, Selasa, 21 Juni 2022.
Lebih lanjut, Fery mengapresiasi pihak-pihak yang mendukung pertumbuhan UMKM di Tanah Air. Dukungan itu diperlukan mengingat UMKM mempunyai peranan penting terhadap struktur perekonomian, termasuk berperan di saat pemerintah menggenjot upaya pemulihan ekonomi usai terhantam keras pandemi covid-19.

"Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka," jelas Fery.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengaku Tokopedia berusaha memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi UMKM untuk terus tumbuh. Dalam hal ini, tambahnya, terdapat strategi yang diimplementasikan yakni melalui inisiatif hyperlocal.

"Kenapa disebut hyperlocal? Karena kita menggunakan yang namanya teknologi di mana teman-teman UMKM yang berjualan di sebuah daerah itu dipertemukan dengan konsumen terdekatnya. Jadi ini menguntungkan dua-duanya. Konsumen bisa mendapatkan barang dengan jarak yang lebih dekat yang tentunya ongkir dan kecepatan lebih mudah dan cepat," tuturnya.

Di sisi lain, dalam rangka menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta di 22 Juni 2022, Tokopedia mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II-2022 di Ibu Kota, yaitu makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, elektronik, dan otomotif. Sedangkan baju pangsi, blangkon Betawi dan sabuk adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari.

Astri menjelaskan tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia  untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.

"Tokopedia juga terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta. Misal lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play," pungkas Astri Wahyuni.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id