comscore

PPKM Level 3, Pemerintah Imbau Masyarakat Ibadah di Rumah

Insi Nantika Jelita - 12 April 2022 14:06 WIB
PPKM Level 3, Pemerintah Imbau Masyarakat Ibadah di Rumah
Ilustrasi PPKM level 3 di Luar Jawa-Bali - - Foto: MI/ Andri Widyanto
Jakarta: Pemerintah resmi memperpanjang PPKM level 3 untuk wilayah di luar Jawa dan Bali melalui Instruksi Mendagri Nomor 21 Tahun 2022. Secara umum, warga yang berada di PPKM level tersebut diminta untuk melaksanakan ibadah di rumah saat Ramadan.

Dirjen Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal menyinggung adanya ancaman munculnya varian baru covid-19 yang telah ditemukan di 26 negara. Seluruh masyarakat diminta untuk selalu waspada dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Khusus untuk daerah yang berada di level 3, kami sarankan untuk lebih dioptimalkan pelaksanaan ibadah di rumah masing-masing sesuai dengan pengaturan teknis dari Kementerian Agama," ujarnya dalam rilis resmi yang diterima wartawan, Selasa, 12 April 2022.

Perubahan jumlah daerah yang cukup signifikan pada pemberlakuan Inmendagri kali ini yaitu penurunan jumlah daerah yang ada di level 3, dari yang sebelumnya 110 daerah menjadi 43 daerah. Hingga saat ini tidak ada daerah kabupaten/kota di luar Jawa dan Bali yang berada di level 4.

Untuk level 1 PPKM mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 26 daerah menjadi 84 daerah, begitu juga dengan jumlah daerah yang berada di level 2 dari yang sebelumnya berjumlah 250 daerah menjadi 259 daerah.

Selain perubahan pada jumlah daerah di setiap level, juga terjadi penyesuaian pada jam dan kapasitas operasional fasilitas umum, seperti pengaturan tempat ibadah dimana untuk level 3 maksimal 50 persen, level 2 maksimal 75 persen, dan level 1 dapat beroperasi maksimal 100 persen.

Untuk pengaturan jam operasional ada penyesuaian yaitu untuk jam operasional pusat perbelanjaan atau perdagangan, dan tempat makan seperti restoran atau kafe di level 2 dapat beroperasi sampai dengan maksimal pukul 22.00 waktu setempat.

Sementara untuk pengaturan operasional pada bioskop dapat beroperasi dengan hanya memperbolehkan pengunjung berstatus hijau dan kuning yang dapat masuk ke dalam bioskop.

"Kapasitas penonton bioskop sesuai dengan level PPKM di setiap daerah," ucapnya.

Senada dengan pengaturan PPKM Jawa dan Bali, dalam perpanjangan PPKM di Luar Jawa Bali juga dilakukan pengaturan terkait pelaksanaan pertandingan olahraga, khususnya penekanan untuk melakukan skrining kepada seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung.


Penonton pertandingan juga diminta menggunakan aplikasi PeduliLindungi baik di tempat kompetisi ataupun keluar masuk di tempat latihan. Serta diatur terkait vaksinasi minimal dosis kedua dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan apabila akan datang langsung ke tempat pertandingan.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id