comscore

Wacana Penghapusan Minyak Curah, IKAPPI: Harus Ada Pengganti Minyak Murah!

Hilda Julaika - 15 Juni 2022 12:51 WIB
Wacana Penghapusan Minyak Curah, IKAPPI: Harus Ada Pengganti Minyak Murah!
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi.
Jakarta: Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenai rencana penghapusan minyak goreng curah beberapa saat yang lalu.

Menurut Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Abdullah Mansuri, penghapusan minyak goreng curah ini bisa terjadi jika masih ada upaya alternatif pengganti minyak goreng curah dengan harga murah.
"Contoh minyak goreng kemasan sederhana, dengan harga lebih murah dari pada minyak goreng kemasan. IKAPPI berharap minyak goreng kemasan sederhana yang diharapkan oleh masyarakat menengah ke bawah masih bisa dijalankan," kata Abdullah dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 15 Juni 2022.

Dalam catatan IKAPPI, sambungnya, minyak goreng curah sudah mengalami penurunan cukup signifikan. Dari sebelumnya sempat tembus di angka Rp20.099, saat ini sudah mendekati harga eceran tertinggi HET Rp14 ribu yaitu, Rp15.500 rata rata di pasar tradisional se-Indonesia.

IKAPPI bersama satgas pangan Mabes Polri, ID food, dan Badan Pangan Nasional pun terus berupaya mempercepat pasokan di pasar-pasar tradisional sehingga keberadaan minyak goreng curah terus melimpah.

"Kami berharap agar wacana penghapusan minyak goreng curah ini agar dapat di diskusikan kembali sebelum diputuskan dan di implementasinya. Bagaimana polanya, bagaimana harganya, dan bagaimana distribusinya. Karena kendala dan persoalan selama ini terjadi pada harga dan distribusi," harapnya.

Menurutnya, penghapusan minyak goreng curah ini sudah diwacanakan beberapa kali dalam tahun-tahun sebelumnya. Sejak 2014, sampai terakhir tahun lalu 2021 juga pernah diwacanakan penghapusan minyak goreng curah. Tetapi wacana itu dibatalkan sendiri oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id