comscore

Kadin Janjikan Pertemuan B20 Tak Hanya untuk Pengusaha Elite

MetroTV - 20 Januari 2022 12:06 WIB
Kadin Janjikan Pertemuan B20 Tak Hanya untuk Pengusaha Elite
Tangkapan layar Metro TV
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjanjikan pertemuan Business 20 atau B20 tak hanya untuk kepentingan pengusaha elite. Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsyad Rasyid, menyatakan pertemuan ini juga untuk mengangkat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Forum Bisnis B20 tidak hanya milik pengusaha yang sudah besar dan elite, tetapi juga (untuk) UMKM," kata Arsyad, dalam tayangan Newsline di Metro TV, Rabu, 19 Januari 2022. 

 



Forum B20 diselenggaarkan untuk mendukung posisi Indonesia sebagai presidensi G20. Indonesia telah didaulat menjadi penyelenggara forum B20 karena menjadi presidensi G20 tahun ini. 

B20 adalah kelompok yang mewakili komoditas bisnis di negara anggota G20. Pertemuan B20 di Indonesia ini bertema "Recover Together, Recover Stronger", yang berarti setelah pandemi covid-19 semua negara berupaya bersama melakukan pemulihan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Kamdani mengatakan salah satu langkah konkret yang dilakukan selama kegiatan B20 adalah meningkatkan kapasitas UMKM. 

"Supaya UMKM dapat naik kelas, sehingga bisa mengakses permodalan dari lembaga keuangan," kata Shinta yang juga ketua penyelenggara Forum B20.

Baca: UMKM Paling Cepat Pulih di Masa Pandemi Covid-19

Menurutnya, mempromosikan berbagai produk dari UMKM di Indonesia ke dunia internasional juga akan membuat lebih banyak UMKM yang melakukan ekspor. 

"Kita ingin menunjukkan bahwa B20 ini tidak hanya milik pelaku usaha, tapi juga masyarakat Indonesia. Jadi, kita memobilisasi peran serta UMKM agar bisa memanfaatkan presidensi di B20 ini. Selama ini mungkin dianggapnya B20 untuk kalangan elite," kata Shinta. (Leres Anbara)

(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id