comscore

PKT Ajak Millenial untuk Berinovasi

Arif Wicaksono - 24 Juni 2022 19:24 WIB
PKT Ajak Millenial untuk Berinovasi
Generasi Milenial. Foto : Medcom.id.
Jakarta: Dampak dari perang Rusia-Ukraina menjadi permasalahan yang sangat berat di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Harga-harga energi dan pangan secara keseluruhan naik menjadi sangat tinggi.

Penguatan pertahanan ekonomi dari segi pangan dan energi menjadi tugas utama Indonesia, karena pada akhirnya ketahanan suatu negara akan ditentukan oleh seberapa jauh sisi pangan dan energi dapat bertahan dan dikendalikan.
Untuk itu, inovasi dan keterlibatan generasi anak muda diperlukan untuk mampu menghasilkan produktivitas yang tinggi pada sektor pangan dan energi.

Direktur Utama Pupuk Kaltim (PKT), Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa dalam menciptakan inovasi tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga membangun inovasi yang mengarah pada industri yang lebih hijau atau ramah lingkungan.

“Kita tidak hanya ditantang untuk menjadi lebih produktif dan menguntungkan tetapi juga menjadi lebih hijau. Pupuk Kalimantan Timur memandang ini sebagai sebuah masa depan baru,” jelas dia dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 24 Juni 2022.

PKT merupakan produsen pupuk urea terbesar di Asia Tenggara. Tidak hanya merupakan terbesar di wilayah Indonesia, tetapi PKT juga masuk dalam enam besar produsen urea terbesar di wilayah Asia Pasifik, dengan jumlah 3,4 juta ton kapasitas produksi yang mampu mengungguli wilayah Malaysia, Vietnam, dan Australia.

Besarnya peran kemampuan PKT dalam menghasilkan produktivitas pertanian yang tinggi tidak lepas dari landscape agriculture yang dicanangkan oleh PKT. Salah satu dari landscape agriculture PKT adalah menciptakan inovasi yang dilengkapi digitalisasi.

Inovasi-inovasi baru yang lebih ramah lingkungan telah dikembangkan oleh PKT, salah satunya adalah inovasi precision agriculture. Inovasi ini bertujuan untuk membantu para petani dalam memilih pupuk yang sesuai dengan jenis tanaman dan lokasi untuk dapat berkembang dengan baik.

Tetapi masih ada satu faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman yaitu kondisi tanah. Maka dari itu inovasi PKT berupa precision agriculture atau yang disebut juga PreciPalm yang dikembangkan untuk tanaman kelapa sawit dengan menghadirkan solusi pemilihan pupuk yang tepat.

Inovasi ini menggunakan teknologi satelit sentinel yang bekerja dengan cara mengambil warna dari daun-daun kelapa sawit yang lalu dikonversikan menjadi kebutuhan pupuk sehingga dapat diketahui kebutuhan yang sesuai di masing-masing lokasi sesuai dengan kondisi tanah. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga sebuah inovasi yang ramah lingkungan.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang turut hadir dalam opening ceremony dari BCC 2022 turut menunjukkan antusiasmenya dalam kegiatan BCC guna menyambut inovasi-inovasi yang modern dalam pemulihan serta memperkuat perekonomian Indonesia dari para mahasiswa yang akan terlibat dalam kompetisi.

Perry Warjiyo mengatakan agri farming dan green farming yang dibangun dengan teknologi digital mumpuni akan mampu menghasilkan output yang luar biasa walaupun dengan kondisi lahan yang terbatas.

Dia menjelaskan pengembangan agriculture menjadi agribusiness juga akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia dan menciptakan suatu lapangan kerja dan memperkuat ekonomi masyarakat Indonesia.

"Salah satunya adalah dengan membangun ekosistem baru dalam proses supply chain. Memberdayakan para unit usaha kecil untuk bergabung dan bermitra dalam unit usaha skala besar mampu menciptakan pasokan yang lebih kompetitif dan produktif.” tambah dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id