Beli Produk Teman dan Tetangga agar Ekonomi Berputar

    Ilham wibowo - 11 September 2020 06:20 WIB
    Beli Produk Teman dan Tetangga agar Ekonomi Berputar
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan pertumbuhan perekonomian nasional di tengah krisis multidimensi akan bertumpu pada ekonomi domestik. Masyarakat perlu memprioritaskan belanja produk lokal sehingga terjadi perputaran ekonomi di sektor UMKM.

    "Sekarang tinggal masyarakat, beli produk UMKM, produk tetangga, beli produk teman sehingga game of trade berputar di sektor UMKM," kata Teten melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 11 September 2020.

    Teten mengharapkan tumbuhnya rasa nasionalisme yang kuat di masyarakat untuk membeli produk UMKM. Pasar domestik yang melibatkan 260 juta jiwa sangat potensial minimal menahan laju pertumbuhan di tengah tekanan krisis global.

    "Penduduk Indonesia 260 juta jiwa, potensi pasar yang sangat besar. Kalau kesadaran masyarakat kita membeli produk UMKM kuat, kita masih bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi covid-19," ungkapnya.

    Teten menegaskan Pemerintah sudah turun memberi berbagai program bantuan untuk menjaga  kelangsungan UMKM yang terpuruk akibat terjangan wabah. Dari sisi peningkatan produktivitas, bantuan disalurkan dalam bentuk restrukturisasi kredit, penghapusan pajak UMK serta akses pembiayaan dengan bunga rendah.

    "Untuk menjaga sisi demand, pemerintah juga membuat program Banpres Produktif untuk pelaku usaha mikro yang unbankable sebesar Rp2,4 juta per orang dengan target sasaran 12 juta pelaku usaha mikro," pungkasnya.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id