Dirut Garuda Komentari Putusan KPPU soal Kartel Harga Tiket

    Annisa ayu artanti - 24 Juni 2020 18:57 WIB
    Dirut Garuda Komentari Putusan KPPU soal Kartel Harga Tiket
    Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra - - Foto: Antara/ Sigid Kurniawan
    Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk menanggapi putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengenai tujuh maskapai yang terbukti melakukan kartelisasi terhadap harga tiket kelas ekonomi dalam negeri.

    "Kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia Group sepenuhnya menghormati proses hukum yang telah berjalan sampai dengan saat ini," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 24 Juni 2020.

    Menurut Irfan putusan KPPU tersebut merupakan tindak lanjut dari penelitian dan pemeriksaan KPPU terhadap sejumlah maskapai penerbangan nasional. Termasuk Garuda Indonesia Group pada 2019 lalu.

    "Perlu kiranya kami sampaikan bahwa putusan KPPU tersebut merupakan tindak lanjut dari penelitian dan pemeriksaan KPPU terhadap sejumlah maskapai penerbangan nasional," ujarnya.

    Emiten berkode GIAA itu menyadari iklim usaha yang sehat menjadi pondasi penting bagi ekosistem industri penerbangan agar dapat terus berdaya saing. Karenanya, maskapai pelat merah akan memfokuskan pencapaian kinerja usaha yang optimal sejalan dengan upaya penerapan prinsip dan ketentuan persaingan usaha yang sehat.

    "Oleh karenanya, saat ini Garuda Indonesia Group memastikan untuk senantiasa memperkuat komitmennya dalam menjalankan tata kelola bisnis perusahaan di tengah tantangan industri penerbangan yang semakin dinamis, dengan tetap mengedepankan prinsip kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku," tandas Irfan.

    Sebelumnya, KPPU memutuskan tujuh maskapai terbukti melakukan kartelisasi harga tiket pesawat, termasuk Garuda Indonesia. Enam maskapai lainnya adalah PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT NAM Air, PT Batik Air, PT Lion Mentari, dan PT Wings Abadi.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id