Kementan Bangun Embung Pertanian di Situbondo

    Medcom - 19 September 2020 23:02 WIB
    Kementan Bangun Embung Pertanian di Situbondo
    Kementan bangun embung pertanian di Situbondo. Foto: dok Kementan.
    Situbondo: Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung pertanian di Situbondo, Jawa Timur. Dukungan direalisasikan dengan pembangunan embung di Desa Klampokan Kecamatan Panji.

    "Air adalah salah satu faktor penting dalam upaya peningkatan hasil produksi pertanian. Dengan ketersediaan air yang memadai, pertanian bisa terus berlangsung. Salah satu cara menjamin ketersediaan air adalah dengan membangun embung," tutur Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sabtu, 19 September 2020.

    Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan embung memiliki banyak manfaat buat pertanian. Selain bermanfaat sebagai penampung air, baik pada saat musim penghujan maupun dari sumber mata air yang ada, juga bisa dimanfaatkan untuk menghadapi musim kemarau.

    Sarwo Edhy menegaskan proses pembangunan embung ini telah memenuhi beberapa syarat, antara lain tekstur dengan tanah liat berlempung. Kemudian kemiringan lahan areal pertanaman antara 8-30 persen agar limpahan air permukaan dapat dengan mudah mengalir ke dalam embung dan air embung mudah disalurkan ke petak-petak tanaman, dekat dengan saluran air yang ada disekitarnya atau memiliki aliran sumber mata air.

    "Petani kita harapkan dapat ikut menjaga keberadaan embung sehingga manfaat yang diterima akan terus berlanjut," harapnya.

    Embung pun diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian secara umum. Juga petani organik yang ada disekitar bangunan embung di Desa Klampokan Kecamatan Panji.

    "Dengan meningkatnya hasil produksi pertanian, diharapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu juga diharapkan ada pengembangan-pengembangan dalam pemanfaatan embung yang telah ada, sehingga dapat menambah pemanfaatan embung tersebut," tuturnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id