Tarif Tol Dikritik, Jasa Marga Beri Diskon Ruas Cipularang dan Padaleunyi

    Annisa ayu artanti - 05 September 2020 17:30 WIB
    Tarif Tol Dikritik, Jasa Marga Beri Diskon Ruas Cipularang dan Padaleunyi
    Ilustrasi jalan tol - - Foto: MI/ Ramdani
    Jakarta: PT Jasa Marga Tbk memberikan diskon tarif tol ruas Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) untuk kendaraan pribadi atau Golongan I.

    Pemberian potongan harga ini seiring dengan respon masyarakat yang mengeluhkan tingginya penyesuaian tarif tol di masa pandemi covid-19.

    "Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 5 September 2020.

    Ia memaparkan diskon tarif tersebut berlaku pada Minggu, 6 September 2020 pukul 00.00 WIB dikarenakan perlu penerapan setting sistem peralatan. Sementara untuk pengguna jalan dengan Golongan II-V, tetap berlaku tarif baru.

    Menurutnya penyesuaian tarif tol sudah diatur dan semestinya disesuaikan pada Februari lalu. Namun, penyesuaian tarif tidak langsung dilakukan karena pihak Jasa Marga baru menerima Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penyesuaian tarif tol pada Juni dan Juli 2020 lalu.


    Berdasarkan surat keputusan tersebut direncanakan tarif baru akan diberlakukan pada September 2020. Pemerintah dan Jasa Marga sudah sepakat menunda penyesuaian tarif tol karena mempertimbangkan dampak pandemi.

    "Dapat kita lihat, adanya penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih tujuh bulan tersebut menandakan bahwa Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) terhadap ekonomi masyarakat," pungkasnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id