Kartu Prakerja untuk Mendorong Kreativitas Pekerja Migran

    Intan Yunelia - 14 Mei 2020 22:46 WIB
    Kartu Prakerja untuk Mendorong Kreativitas Pekerja Migran
    Penggunaan Kartu Prakerja merupakan hak semua warga negara Indonesia, tak terkecuali pekerja migran (Foto:Antara/Aditya Pradana Putra)
    Jakarta: Pemerintah diminta memfokuskan penggunaan program Kartu Prakerja semaksimal mungkin bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tanah Air. 

    Anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen berpendapat para PMI yang pulang ke Indonesia memiliki keahlian masing-masing. Keahlian tersebut perlu didukung untuk dioptimalkan bagi kemajuan desa asal PMI.

    "Pemerintah melalui kementerian dan instansi terkait harus mendorong agar PMI yang pulang ke Tanah Air memanfaatkan kreativitas untuk memberi nilai lebih di desa masing-masing. Dengan demikian, para PMI dan pekerja migran dapat meningkatkan dinamika desa, bukan hanya sekadar bertahan hidup di desanya,” kata Muchamad Nabil dinukil dpr.go.id, Kamis, 14 Mei 2020.

    Politikus PDI Perjuangan ini menyebutkan bahwa penggunaan Kartu Prakerja merupakan hak semua warga negara Indonesia, tak terkecuali PMI. “Jadi, mereka pun harus mendapat hak yang sama, dengan kemudahan akses Kartu Prakerja. Mereka juga membutuhkan bantuan, tapi memang harus sesuai prosedur,” ujarnya.

    Terlebih, kepulangan para PMI telah diprediksi jauh-jauh hari. Banyak dari mereka yang tidak bisa bekerja di tengah mewabahnya covid-19.

    “Mereka kesulitan mengakses bahan pangan dan keuangan, sehingga opsi kembali ke Tanah Air merupakan pilihan terakhir yang paling rasional,” ucapnya.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id