Ekspor Produk Digital Siap Jadi Andalan Baru

    Ilham wibowo - 14 September 2020 09:20 WIB
    Ekspor Produk Digital Siap Jadi Andalan Baru
    Produk Digital. Foto ; AFP.
    Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meyakini produk digital bisa berkontribusi menjaga surplus neraca perdagangan. Produk tersebut perlu terus dikembangkan agar jadi andalan ekspor baru.

    "Indonesia sudah harus mulai menggeser pengembangan ekonominya, termasuk melakukan diversifikasi produk ke arah digital," kata Jerry melalui keterangan tertulisnya, Senin, 14 September 2020.

    Pusat pengembangan inovasi dan teknologi digital kini mulai bermunculan di tiap daerah. Satu di antaranya yakni Technopark Cimahi di Jawa Barat sebagai fasilitas inkubasi produk-produk kreatif dan teknologi seperti aplikasi, produk animasi dan film, serta kerajinan.

    "Produk digital juga diharapkan mampu mengangkat daya saing produk-produk industri maupun produk primer pertanian dan perkebunan," ujar Jerry.

    Jerry menambahkan aplikasi dan sistem digital akan memudahkan dan mempercepat proses produksi, pengolahan, dan pendistribusian yang dapat meningkatkan daya saing. Fungsi sistem digital tersebut harus didorong karena akan memberikan dampak yang sangat positif, baik secara ekonomi maupun sosial.

    "Kementerian Perdagangan akan mendorong ekspor produk digital dan kreatif agar selaras dengan tema Kabinet Indonesia Maju yaitu Revolusi Industri 4.0. Tema ini meyakini bahwa transisi ekonomi dengan memanfaatkan teknologi secara luas dan intensif akan memperkuat struktur ekonomi dan produktivitas," tutup Jerry.

    Hingga saat ini, industri digital Indonesia berada di urutan terdepan di ASEAN. Pada 2018, industri digital Indonesia sudah mencapai nilai kurang lebih Rp560 triliun dan diperkirakan akan terus melonjak hingga 2025.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id