Kehadiran Fintech Lending Bisa Percepat Transformasi Digital UMKM

    Ilham wibowo - 03 September 2020 17:07 WIB
    Kehadiran <i>Fintech Lending</i> Bisa Percepat Transformasi Digital UMKM
    Ilustrasi. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani percaya bahwa industri fintech lending atau pendanaan perannya akan membesar dalam memberikan akses keuangan secara inklusif. Transformasi digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pun bisa ikut terakselerasi.

    "UMKM yang masuk ekosistem digital saat ini baru 13 persen dan terfokus di Pulau Jawa. Harapannya fintech lending ini bisa membuat (ekosistem digital) menyebar lebih cepat dan merata," kata Rosan dalam seminar nasional daring bertajuk Peran Fintech Pendanaan Bersama dalam Akselerasi Penyaluran Program Pemulihan Ekonomi Nasional, Kamis, 3 September 2020.

    Menurut Rosan, jasa keuangan digital punya beragam keunggulan dengan ruang pertumbuhan yang besar dibandingkan perbankan. Peran industri fintech lending akan terus meningkat sering jumlah pengguna internet aktif yang saat ini mencapai 155 juta.

    "Kehadiran Pemerintah dari regulator sangat penting agar industri fintech bisa bermanfaat bagi seluruh kota di Indonesia," Kata Wakil Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional ini.

    Industri fintech lending yang punya terobosan di sektor ekonomi digital sangat bisa turut mendukung pemulihan ekonomi nasional terutama sektor UMKM yang saat ini jumlah diperkirakan ada 65 juta. Usaha mikro dan kecil yang belum terjangkau lembaga keuangan formal pun bisa lebih cepat mendapatkan kesempatan untuk tumbuh.

    "Harapannya fintech bisa jangkau lebih luas UMKM yang pada saat ini unbankable atau belum memasuki sektor formal. Saya yakin ke depan akselerasi akan makin tinggi dan akan dirasakan asas manfaatkannya," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id