Baru 19% Penduduk Ikut Sensus Online

    Eko Nordiansyah - 31 Agustus 2020 12:25 WIB
    Baru 19% Penduduk Ikut Sensus <i>Online</i>
    Ilustrasi sensus penduduk. Foto: Antara/Risyal Hidayat



    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sensus penduduk online yang dijalankan sejak 15 Februari 2020 sampai dengan 29 Mei 2020 diikuti oleh 51,36 juta penduduk. Jumlah ini baru sekitar 19 persen dari total seluruh penduduk Indonesia.

    Kepala BPS Suhariyanto mengatakan jumlah masyarakat yang ikut sensus penduduk secara online terbilang cukup besar. Bahkan jumlahnya hampir dua kali lipat dari jumlah penduduk Australia. Apalagi ini merupakan sensus penduduk online pertama di Indonesia.

     



    "Terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang telah berkontribusi untuk menyukseskan sensus penduduk online," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.

    Ia menambahkan partisipasi masyarakat dalam sensus penduduk online ini membuktikan bahwa sensus penduduk telah menjadi milik dan bagian dari kehidupan, sehingga semua merasa terpanggil untuk turut menyukseskannya.

    Namun begitu, Suhariyanto menyebut pekerjaan ini belum selesai. Pasalnya baru 19 persen dari total penduduk Indonesia yang telah mengikuti sensus secara online, sehingga masih ada 81 persen penduduk yang harus dicatat keberadaannya.

    "Oleh karena itu, pelaksanaan sensus penduduk 2020 akan dilanjutkan dengan pencacahan lapangan di September 2020 untuk mencatat penduduk Indonesia yang belum mengikuti sensus penduduk online," ungkap dia. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id