Asosiasi Dukung Hilirisasi Batu Bara

    Suci Sedya Utami - 14 Oktober 2020 12:13 WIB
    Asosiasi Dukung Hilirisasi Batu Bara
    Batu Bara. Foto : MI.
    Jakarta: Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) menyambut positif upaya pemerintah dalam mendorong hilirisasi batu bara demi menciptakan nilai tambah.

    Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan untuk mendorong hilirisasi batu bara, pemerintah pun telah memberikan insentif bagi perusahaan batu bara yang menerapkan hilirisasi.

    Di dalam UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Minerba, pemerintah memberikan insentif nonfiskal berupa perpanjangan izin bagi pemegang izin usaha pertambangan (IUP) maupun IUP khusus (IUPK) sesuai dengan usia cadangan yang dimiliki di lapangan tambangnya.

    "Dan perpanjangan izin bagi PKP2B kami anggap sebagai insentif nonfiskal, karena lebih dari separuh produksi nasional kita dikontribusi oleh generasi satu (PKP2B)," kata Hendra, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Selain itu, pemerintah juga telah memberikan insentif fiskal dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja yang mengubah pasal 128A ayat 2 dalam UU Minerba sehingga berbunyi pemberian perlakuan tertentu terhadap kewajiban penerimaan negara untuk kegiatan peningkatan nilai tambah batu bara dapat berupa pengenaan royalti sebesar nol persen.

    Namun demikian, APBI menilai masih dibutuhkan insentif nonfiskal lainnya serta konsistensi harga acuan untuk batu bara ke depannya mengingat komoditas ini masih tetap diperlukan.

    Lebih lanjut, Hendra mengatakan dalam menuju energi yang lebih bersih, industri pertambangan batu bara juga telah melakukan praktik-praktik pertambangan yang efektif dalam mengurangi intensitas karbon. Seperti menggunakan B30 bahkan ke depannya B100 untuk angkutan tambang. Serta penggunaan solar panel dan lainnya.

    "Industri pertambangan batu bara sudah menuju ke transformasi energi dan tentunya bolanya ada di tangan pemerintah," jelas dia.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id