Nunukan Siapkan 9.769 Ha Lahan Pertanian Penyangga Ibu Kota Baru

    Antara - 19 Januari 2021 17:18 WIB
    Nunukan Siapkan 9.769 Ha Lahan Pertanian Penyangga Ibu Kota Baru
    Ibukotabaru. Foto : Kementerian PUPR.



    Nunukan: Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), yang dijadikan salah satu wilayah penyangga ekonomi berkaitan dengan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur (Kaltim), menyediakan lahan pertanian pada dua kecamatan yakni Sembakung dan Seimenggaris seluas 9.769 hektare.

    "Untuk Nunukan lebih potensial lahan yang ada untuk tanaman jagung dan singkong," sebut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nunukan Masniadi di Nunukan, dikutip dari Antara, Selasa, 19 Januari 2021.






    Untuk memaksimalkan perwujudan program pangan berkelanjutan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, kata dia, secara umum Kabupaten Nunukan lebih tepat fokus pada sektor pertanian dan hortikultura.

    Selama ini, kata Masniadi, Pemkab Nunukan telah menetapkan zona pertanian pada kecamatan tertentu selain sektor perkebunan yang telah lama dikembangkan di daerah itu. Pengembangan sektor pertanian ini sesuai dengan program pemerintah dalam mewujudkan wilayah food estate atau kawasan pangan di Kalimantan Utara.

    Masniadi mengakui kebutuhan sehari-hari masyarakat di daerahnya sekira 60 persen didatangkan dari Sulawesi Selatan dan sebagian lagi dari negeri tetangga Malaysia, karena masih kurangnya produksi pertanian dan hortikultura di Kabupaten Nunukan selama ini.

    Pemkab Nunukan juga bersama dengan TNI AD telah membuka area persawahan dan pertanian, khususnya hortikultura, pada sejumlah lokasi dimana lahan tersebut telah berproduksi dan mulai digeluti masyarakat.

    Ia akui masyarakat Nunukan sebagian ada yang meninggalkan pekerjaannya pada sektor pertanian bergeser ke sektor lainnya seperti perikanan budi daya rumput laut.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id