Sepeda Lipat Indonesia Berpotensi Ekspor ke Swedia

    Ilham wibowo - 12 November 2020 09:01 WIB
    Sepeda Lipat Indonesia Berpotensi Ekspor ke Swedia
    Ilustrasi. FOTO: Media Indonesia
    Jakarta: Produk sepeda buatan Indonesia punya peluang yang cukup baik untuk memenuhi pasar ekspor ke Swedia. Kebutuhan peralatan penunjang olah raga diperkirakan terus meningkat hingga setelah pandemi covid-19.

    Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Kasan mengatakan pada periode Januari-Agustus 2020 ekspor sepeda Indonesia ke Swedia hanya tercatat sebesar USD6 juta. Pangsa pasar sepeda Indonesia tersebut baru sekitar enam persen dari total impor sepeda Swedia dari dunia.

    "Budaya masyarakat Swedia sangat mementingkan hidup sehat. Cuaca empat musim di Swedia juga memberikan kesempatan yang luas bagi eksportir Indonesia untuk menyediakan berbagai jenis peralatan olahraga yang digunakan orang dewasa maupun anak-anak di sana,” ujar Kasan, di forum bisnis Trade Expo Indonesia Virtual Events (TEI-VE) 2020, Rabu, 11 November 2020.

    Selain produk jadi, industri komponen sepeda di Indonesia juga masih punya ruang untuk ditingkatkan. Hingga saat ini, posisi Indonesia baru di peringkat ke-53 dari 56 negara di dunia yang telah melakukan ekspor komponen sepeda ke Swedia.

    "Tren penggunaan sepeda yang semakin meningkat, terutama di negara-negara maju, juga membuka peluang ekspor produk tersebut. Peningkatan ini terjadi bahkan sebelum pandemi covid-19 melanda dunia," paparnya.

    Fungsi Ekonomi Kementerian Luar Negeri Akbar Makarti menuturkan Swedia merupakan negara dengan jumlah pengguna sepeda yang semakin meningkat. Peluang ini sangat bisa dimanfaatkan produsen sepeda di Indonesia untuk menciptakan produk yang sesuai keinginan pasar.

    "Peningkatan ini terjadi karena masyarakat menaruh perhatian yang besar terhadap isu perubahan iklim, kepedulian lingkungan, pengurangan polusi udara, serta alternatif transportasi di tengah pandemi covid-19,” ujar Akbar.

    Trade Policy Adviser Open Trade Gate (OTG) Swedia Anamaria Deliu juga menambahkan bahwa pasar Swedia mengenal dan sangat menaruh minat pada beberapa kategori sepeda buatan Indonesia. Produk yang paling diminati seperti sepeda MTB, sepeda balap, sepeda hybrid, dan sepeda lipat.

    “Peluang penjualan sepeda di Swedia meningkat akibat pandemi. Kemudian kampanye bebas emisi Pemerintah Swedia yang bertujuan mendukung peningkatan kesehatan dan keselamatan lingkungan,” pungkasnya.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id