Generasi Muda Diminta Dukung Pemanfaatan Media Digital dengan Bijak

    Al Abrar - 17 September 2021 21:37 WIB
    Generasi Muda Diminta Dukung Pemanfaatan Media Digital dengan Bijak
    ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Perkembangan teknologi saat ini mendorong generasi muda untuk cakap digital. Generasi muda harus berperan sebagai garda terdepan dalam pemanfaatan media digital agar dapat menyesuaikan diri di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. 

    Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan mengatakan cakap digital berarti memahami dengan baik dan benar penggunaan serta pemanfaatan digital. Serta teknologinya secara bijak untuk kemajuan bangsa Indonesia.

     



    "Kehadiran pandemi dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegas bahwa kita tengah menghadapi era disrupsi teknologi," kata Semuel dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator yang bertajuk "Yang Muda Cakap Digital" beberapa waktu lalu. 

    Sementara itu, Anggota DPR Fraksi PAN Ahmad Rizki Sadig mengatakan, generasi muda harus berdamai dan berusaha untuk mengoperasikan media digital secara bijak. Namun, problem dan tantangnya adalah jaringan yang mendukung aktivitas digital masih belum merata di Indonesia.

    "Untuk itu, generasi muda diminta menyesuaikan diri pada perkembangan teknologi agar kegiatan usaha lebih efisien, efektif, jangkauan lebih luas,serta kemampuan untuk memasarkan produk lebih mudah dan murah," kata Sadig.

    Baca: Generasi Milenial Cakap Digital Mendorong Personal Branding Dalam Bisnis

    Penggiat Media Sosial Anna Ladaina membagikan tips untuk generasi muda yang ingin memulai menjadi influencer. Tipsnya antara lain, percaya diri dulu, mempunyai mental yang kuat, dan tidak malu bertanya. 

    Selain itu jika ada yang menawarkan produk harus dicek, apakah produk tersebut legal. "Karena kita juga tidak tahu ya misal produk kecantikan apakah produknya sudah masuk dapat BPOM atau belum, kalau produk makanan, apakah produknya sudah berlabel halal atau belum. Jadi untuk yang baru memulai harus semangat," kata Anna.  

    Untuk itu, keahlian digital kata Anna, akan memberikan manfaat dan dapat meningkatkan produktivitas di era pandemi. Serta, dapat memulai untuk ambil peranan sebagai creator dalam mengoperasikan media digital secara bijak.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id