comscore

Mantap! Produk Laut RI Raup Potensi Transaksi Rp75 Miliar di Pameran Dagang Spanyol

Husen Miftahudin - 13 Oktober 2021 10:23 WIB
Mantap! Produk Laut RI Raup Potensi Transaksi Rp75 Miliar di Pameran Dagang Spanyol
Ilustrasi hasil tangkapan ikan para nelayan - - Foto: dok KKP
Vigo: Hasil laut dan produk hasil laut Indonesia berhasil meraup potensi transaksi sebesar USD7,5 juta atau sekitar Rp75,62 miliar di pameran dagang The Conxemar International Frozen Seafood Fair ke-22 di Fundación Instituto Feiral de Vigo (IFEVI), Vigo, Spanyol.

"Perwakilan Perdagangan Indonesia di Spanyol, Atase Perdagangan Madrid bersama Indonesian Trade Promotion (ITPC) Barcelona gencar melakukan promosi perikanan Indonesia untuk menarik para buyers dunia, khususnya di kawasan Eropa. Terbukti dengan torehan potensi transaksi dalam pameran ini yang mencapai lebih dari USD7,5 juta atau sekitar Rp75,62 miliar," ucap Atase Perdagangan Madrid Novita Sari, dalam siaran persnya, Rabu, 13 Oktober 2021.

 



Novita melanjutkan, produk yang paling diminati pada pameran ini antara lain tuna, gurita, sarden dan tuna kaleng, udang, daging kepiting, cumi, serta sotong. "Diharapkan eksportir Indonesia dapat memenuhi permintaan tersebut dan tingginya biaya logistik saat ini tidak menjadi penghambat realisasi permintaan tersebut," ujarnya.

Adapun produk hasil laut unggulan Indonesia yang ditampilkan antara lain daging rajungan, kepiting dan sarden kalengan, cumi-cumi, kerapu filet, dan udang beku. Menurut Novita, tercatat lebih dari 200 permintaan produk Indonesia selama pameran berlangsung.

Permintaan tersebut berasal dari kawasan Eropa seperti Spanyol, Prancis, Portugal, Italia, dan Rusia. Kawasan Amerika dan Amerika Latin, Afrika, serta kawasan Timur Tengah seperti Maroko, Algeria, dan Mauritius.

The Conxemar Fair merupakan pameran dagang internasional untuk hasil laut dan produk hasil laut yang dibekukan. Ajang ini mempertemukan produsen lokal, nasional, dan internasional dan dihadiri importir, eksportir, prosesor, produsen, distributor, dan industri pembantu lainnya.

Pada periode Januari-Juli 2021, ekspor Indonesia ke Spanyol mencapai USD1,26 miliar. Nilai ini menunjukkan kenaikan sebesar 41,32 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan pada Juli 2021, ekspor Indonesia ke Spanyol tercatat sebesar Rp220,14 juta naik 10,94 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar USD198,43 juta.

Sementara pada periode Januari-Juli 2021 ekspor produk perikanan Indonesia dengan HS 03 ke Spanyol tercatat sebesar USD 9,33 juta atau naik 15,91 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pada periode tersebut ekspor produk perikanan olahan ke Spanyol dengan HS 1604 tercatat sebesar USD8,39 juta.

"Diharapkan melalui keikutsertaan Indonesia di ajang The Conxemar International Frozen Seafood Fair ke-22 ini dapat meningkatkan akses pasar produk perikanan Indonesia ke depannya, tidak hanya di kawasan Eropa khususnya Spanyol tapi juga ke seluruh dunia," pungkas Novita.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id