5 Populer Ekonomi: El Salvador Resmi Pakai Bitcoin hingga Daftar Sembako Kena PPN

    Ade Hapsari Lestarini - 11 Juni 2021 06:59 WIB
    5 Populer Ekonomi: El Salvador Resmi Pakai Bitcoin hingga Daftar Sembako Kena PPN
    Foto: AFP.



    Jakarta: Berita-berita terpopuler ekonomi Medcom.id yang menjadi sorotan pembaca pada Kamis, 10 Juni 2021 salah satunya yakni soal bitcoin jadi alat pembayaran sah di El Salvador.

    Selain itu, ada beberapa berita lainnya yang juga dilirik. Di antaranya yakni daftar barang kebutuhan pokok yang bisa kena Pajak Pertambahan Nilai (PPN), hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat bicara soal sembako kena PPN.

     



    Berikut lima berita terpopuler ekonomi Medcom.id pada Kamis, 10 Juni 2021:

    1. Sah! Bitcoin Jadi Alat Pembayaran Resmi di El Salvador

    El Salvador telah menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengklasifikasikan bitcoin sebagai mata uang legal. Melansir BBC, Kamis, 10 Juni 2021, Kongres menyetujui proposal Presiden El Salvador Nayib Bukele untuk merangkul cryptocurrency. Adapun dalam Kongres itu, 62 dari 84 suara menyetujuinya pada Selasa malam waktu setempat.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Ini Daftar Barang Kebutuhan Pokok yang Bisa Dikenai PPN

    Pemerintah berencana mengubah ketentuan terkait Pajak Pertambahan Nilai (PPN) melalui rencana perubahan revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

    Salah satu perubahan dalam draft tersebut adalah penghapusan barang kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh rakyat banyak dari jenis barang yang tidak dikenai PPN. Artinya, belanja sembako akan mulai dikenakan PPN oleh pemerintah.

    Baca selengkapnya di sini

    3. Garuda Tegaskan Tak Paksa Karyawan untuk Pensiun Dini

    Maskapai Garuda Indonesia menegaskan kebijakan pensiun dini bagi karyawan dilakukan secara sukarela. Perseroan menyatakan tidak ada unsur paksaan dalam program tersebut. "Iya dong sukarela. Zalim namanya kalau maksa," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra pada Medcom.id, Kamis, 10 Juni 2021.

    Baca selengkapnya di sini

    4. Sri Mulyani Buka Suara soal Pajak Sembako

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merespons rencana Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk barang kebutuhan pokok. Rencana ini masuk dalam revisi kelima Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

    Ia menyebut pembahasan mengenai pengenaan PPN sembako akan melibatkan DPR termasuk Komisi XI. Dalam pembahasan tersebut, baru bisa diketahui apakah kebijakan pajak ini bisa diterapkan dalam waktu dekat.

    Baca selengkapnya di sini

    5. Menperin Dorong Penggunaan TKDN dalam Koneksi 5G

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada pengembangan infrastruktur digital, terutama koneksi jaringan 5G. Hal ini seiring tumbuhnya sektor informasi dan komunikasi dalam tiga tahun terakhir. Apalagi sejak era kenormalan baru, penggunaan teknologi digital semakin masif sehingga menjanjikan terhadap industri penopang di sektor tersebut.

    Baca selengkapnya di sini

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id