comscore

Freeport Indonesia: Progres Pembangunan Smelter Sudah 30%

Annisa ayu artanti - 26 Mei 2022 18:47 WIB
Freeport Indonesia: Progres Pembangunan <i>Smelter</i> Sudah 30%
Ilustrasi tambang Freeport. Foto: AFP.
Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) melaporkan progres pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) yang berlokasi di Gresik hingga April lalu sudah mencapai 30 persen.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan, dengan progres tersebut pihaknya telah menggelontorkan investasi sebesar USD920 juta. Saat ini sudah sebanyak 7.500 tiang pancang sudah terpasang.
"Sementara ini proses sudah 30 persen dengan serapan USD920 juta," kata Tony dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, dikutip Kamis, 26 Mei 2022.

Ia menjelaskan, dengan jumlah serapan tersebut sudah melewati 50 persen dari anggaran perusahaan tahun ini yang sebesar USD1,6 miliar. "Target tahun ini USD1,6 miliar biaya digelontorkan," sebutnya.

Seperti diketahui PTFI terus mempercepat pembangunan pabrik smelter tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Perkembangan saat ini pun diklaimnya sesuai rencana.

Tony juga pernah mengatakan di akhir 2022 mendatang kemajuan pembangunan smelter akan mencapai 50 persen.

Terdapat tiga pengerjaan pada proyek smelter ini. Pertama adalah pembangunan smelter tembaga baru dengan kapasitas 1,7 juta ton per tahun. Kemudian ekspansi PT Smelting 0,3 juta ton per tahun serta Precious Metal Refinery (PMR) 6.000 ton per tahun.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id